ECU untuk mesin atau ECM dijual di toko daring dengan variasi harga, kuliatas dan kondisi.(Tangkapan layar)
ECU untuk mesin atau ECM dijual di toko daring dengan variasi harga, kuliatas dan kondisi.(Tangkapan layar) ( KOMPAS.COM)

Seberapa Efektif Remap ECU buat Dongkrak Untuk Tenaga Mesin Mobil?

19 November 2023 17:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Remap ECU kerap dianggap sebagai salah satu modifikasi yang bisa mendongkrak tenaga mobil. Masyarakat menganggap dengan proses tersebut maka kemampuan mobil bisa dibuat meningkat.

Padahal ECU cuma sebuah modul yang mengatur kinerja mesin terkait rasio campuran bahan bakar udara, waktu pengapian, bukaan gas dan sebagainya agar didapatkan efisiensi yang optimal.

Dengan melakukan remap ECU saja maka tidak ada ubahan dari mesin seperti penambahan kubikasi atau perangkat sejenis turbocharger, maka logikanya tenaga yang bertambah tidak akan signifikan.

Pemilik Sar Speed Solo Anugerah Rio, mengatakan remap ECU bisa mendongkrak tenaga mesin hingga 10 persen saja, tapi tidak semua mobil bisa mencapainya.

“Mungkin semua mobil bisa diremap, tapi yang bisa membuat tenaga bertambah hanya beberapa mobil saja, karena semua itu tergantung dengan software yang ada di pasaran,” ucap Rio kepada Kompas.com, belum lama ini.

Rio mengatakan, jika suatu mobil bisa diremap, tenaga mesin bisa bertambah hingga 10 persen dengan komponen mesin standar.

“Hanya saja tidak semua mobil bisa, seperti Honda Brio, dulu awal-awal belum ditemukan software-nya, dan itu statusnya tidak bisa diremap, tapi sekarang sudah bisa,” ucap Rio.

Rio juga mengatakan, bila ingin membeli mobil untuk diotak-atik, sebaiknya perlu pilih-pilih terutama mobil yang bisa diremap.

Untuk hasil modifikasi yang lebih, memang remap saja kurang optimal. Jadi, akan lebih terasa bila ada rombakan di mesinnya.

Jadi, remap ECU bisa mendongkrak mesin hingga 10 persen saja pada mobil-mobil tertentu, dan itu tidak berlaku pada semua mobil karena hanya beberapa mobil saja yang bisa diremap untuk meningkatkan tenaga mesin.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seberapa Efektif Remap ECU buat Dongkrak Tenaga Mesin Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/19/110100415/seberapa-efektif-remap-ecu-buat-dongkrak-tenaga-mesin-mobil-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm