DFSK luncurkan Gelora varian ambulans. (DFSK)
DFSK luncurkan Gelora varian ambulans. (DFSK) ( KOMPAS.COM)

Ini Bahayanya Mengikuti Ambulans, Risiko Terjadinya Tabrakan Beruntun

20 November 2023 21:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sering terlihat di jalan ketika ada ambulans yang sedang menyalakan sirene meminta hak utama, ada kendaraan lain di belakangnya yang mengikuti.

Kendaraan tersebut bisa jadi bukan anggota keluarga dari orang yang ada di ambulans, jadi memanfaatkan kesempatan. Padahal, itu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan celaka.

Bripka Abster Matius Wongkar, Bintara PROVOS Korpolairud Baharkam Polri mengatakan, sudah sering kejadian saat Abster sedang mengawal ambulans, ada kendaraan yang mengekor.

"Untuk ambulans kenapa enggak boleh (diikuti), karena dia enggak tahu di depan ini mau rem atau bagaimana, risiko kan tabrakan beruntun," kata Abster kepada Kompas.com, Senin (20/11/2023).

Abster bilang, kalau sering kejadian mobil yang mengekor akhirnya malah tabrakan beruntun. Mengingat kalau ambulans jalan dalam kondisi darurat, manuvernya bisa sangat tidak tertebak.

Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, mengatakan, perilaku mengekor ambulans merupakan tindakan tak beretika yang berarti pengemudinya tidak punya etika.

"Pengemudi yang sering mengekor ini tidak beretika, memanfaatkan situasi darurat untuk kepentingan pribadinya. Pengemudi ini sering disebut tourist convoy, tidak mau bersusah-susah dengan kondisi lalu lintas," kata Sony belum lama ini.

Perilaku mengekor ambulans sangat berisiko menimbulkan kecelakaan. Selain dia tidak tahu apa yang ada di depan, namun biasanya cenderung mepet ke ambulans biar tetap satu rombongan.

"Si pengekor turut bermanuver di antara kepadatan lalu lintas. Sedikit kecerobohan saja bisa berisiko besar mengakibatkan tabrakan beruntun," kata dia.

Jadi soal mengekor ambulans, sangat tidak aman buat dilakukan. Risikonya adalah terlibat tabrakan beruntun dan sebenarnya seperti tidak punya etika, memanfaatkan kesempatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bahayanya Mengikuti Ambulans, Risiko Tabrakan Beruntun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/20/170100115/ini-bahayanya-mengikuti-ambulans-risiko-tabrakan-beruntun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm