Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kW(edij@nw@ri)
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik PLN dengan tipe ultra fast charging 200 kW(edij@nw@ri) ( KOMPAS.COM)

PLN Mulai Menyiapkan Fasilitas Kendaraan Listrik di IKN

20 November 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT PLN berkomitmen akan membangun infrastruktur pendukung untuk pengendara kendaraan listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Keputusan tersebut sejalan dengan inisiasi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang ingin menjadikan IKN sebagai kota hijau pintar, di mana 80 persen kendaraan yang beroperasi merupakan listrik berbasis baterai.

"Komitmen PLN menghadirkan listrik yang tidak hanya handal untuk IKN tapi juga bersih sejalan dengan target Net Zero Emission (NZE) 2060," kata Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, Senin (20/11/2023).

"Ini juga dalam rangka memanfaatkan potensi energi bersih di Indonesia demi kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya," lanjutnya.

PLN sendiri akan membangun 19 tempat stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di dalam kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN pada 2024. BUMN ini memastikan SPKLU akan tersedia di kota-kota sekitar IKN seperti Balikpapan dan Samarinda.

Saat ini, sudah ada sembilan SPKLU yang tersebar di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Jumlah SPKLU akan bertambah menjadi 31 tempat pada 2024.

Pihak Darmawan juga akan menyiapkan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik (SPBKLU) dan juga stasiun pengisian listrik umum (SPLU) di IKN maupun di kota sekitar IKN.

PLN sudah sediakan 622 unit SPKLU, 1.839 unit SPBKLU, dan 9.139 unit SPLU secara nasional sampai pada Oktober 2023 kemarin.

"Karena IKN ini akan menjadi kota yang futuristik, di mana semua moda transportasi yang digunakan harus ramah lingkungan maka kami siap mendukung kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik," ujarnya.

Darmawan mengatakan, kelistrikan di IKN Nusantara juga akan dibantu dengan pembangkit listrik dari sumber energi baru dan terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) 50 megawatt.

"Kami juga akan melakukan pemetaan dan pemanfaatan hidro di sekitar IKN dengan potensi listrik yang dihasilkan sebesar 1.000 MW sehingga sistem kelistrikan IKN Nusantara akan berasal dari energi baru dan terbarukan 100 persen," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Mulai Siapkan Fasilitas Kendaraan Listrik di IKN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/20/194100715/pln-mulai-siapkan-fasilitas-kendaraan-listrik-di-ikn.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm