Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Deretan mobil bekas di area Gading Serpong, Tangerang. Penjual mengklaim minat konsumen meningkat(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tren Untuk Penjualan Mobil Bekas di Akhir Tahun Naik

22 November 2023 16:41 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Momen akhir tahun biasanya menjadi waktu yang tepat bagi sebagian konsumen untuk membeli kendaraan. Selain karena mencari promo, kesesuaian dengan masa liburan adalah pertimbangan utama.

Konsumen yang ingin berhemat dan membatasi pengeluaran, biasanya mengalihkan pandangan ke mobil-mobil bekas, yang sudah banyak tersedia dan harganya jauh lebih ramah di kantong.

Beberapa pedagang mobil bekas mengatakan, penjualan di akhir tahun, khususnya pada November - Desember, cenderung mengalami peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan.

Lambertus Darian, Pemilik Diler Mobil Bekas Lamberindo Auto Gading Serpong menjelaskan, tinggi-rendahnya permintaan konsumen baru bisa dihitung pada akhir Desember, saat evaluasi tahunan.

Sejauh ini, Darian mengaku penjualan mobil bekas di dilernya cenderung stabil. Tidak ada penurunan, tapi peningkatannya belum terasa.

“Stabil banget buat November ini, tapi kita tunggu saja waktu Desember. Biasanya pas minggu-minggu liburan, lonjakannya langsung kerasa. Kalau sekarang masih belum,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Penjelasan senada juga diungkapkan oleh Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong.

Menurutnya, peningkatan penjualan di akhir 2023 belum terasa, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemulihan ekonomi pasca-pandemi dianggap sebagai alasan utama.

“Mungkin karena kita masih di tahap recovery setelah Covid-19 ya. Penjualan sih stabil, tapi belum sedahsyat pas jaman sebelum Covid,” kata dia.

Kendati demikian, Michael mengaku tetap menyiagakan stok mobil-mobil bekas tahun muda, untuk mengantisipasi lonjakan pembelian mendekati Hari Raya Natal.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm