Ilustrasi mobil listrik. (Dok. Kompas.com)
Ilustrasi mobil listrik. (Dok. Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Pedagang Klaim Permintaan Untuk Mobil Listrik Bekas Tinggi, tapi Stok Jarang

22 November 2023 20:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepanjang 2023 permintaan mobil listrik diklaim mengalami kenaikan. Tidak cuma model baru keluaran pabrik, namun juga yang bekas.

Menurut pernyataan sejumlah pedagang, mobil listrik bekas memang sangat digemari di pasaran. Popularitasnya juga cukup tinggi, terbukti dari banyaknya konsumen yang mencari.

Sayangnya, pasar mobil listrik bekas nampaknya belum sepenuhnya berkembang. Sebab, tingginya permintaan tidak seimbang dengan ketersediaan stok.

Redaksi sempat melakukan penelusuran dan mengunjungi beberapa sentra serta diler mobil bekas besar. Setelah berkeliling cukup lama, memang tidak ditemukan adanya mobil listrik.

Lambertus Darian, Pemilik Diler Mobil Bekas Lamberindo Auto Gading Serpong menjelaskan, dirinya cukup aktif menjual mobil listrik bekas, dan perputarannya diklaim sangat cepat.

“Kemarin ada Ioniq 5, baru aja kejual Sabtu, padahal belum ada seminggu (masuk diler),” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Tangerang, Selasa (21/11/2023).

Darian mengatakan, minat konsumen untuk mobil listrik bekas memang sangat tinggi. Namun tantangan yang dia hadapi saat ini adalah ketersediaan stok masih terbatas.

“Logikanya ya, mobil listrik baru ramai kan tahun ini (2023), jadi sekennya itu jarang banget. Sekalinya ada (mobil listrik bekas), pasti jadi rebutan,” kata dia.

Kondisi serupa juga disampaikan Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong. Dia mengatakan, kendala supply and demand mobil listrik bekas adalah tantangan bagi para pedagang.

“Kita udah tau customer maunya apa, cuma enggak bisa menyanggupi. Stoknya (mobil listrik bekas) memang susah dicari,” kata Michael.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm