Ilustrasi pasien stroke mendapatkan pengobatan dari dokter
Ilustrasi pasien stroke mendapatkan pengobatan dari dokter ( )

Beda Penanganan Stroke di Rumah Sakit Biasa dan Stroke Ready Hospital

22 November 2023 21:03 WIB

SonoraBangka.id - Hingga saat ini, penyakit stroke masih jadi momok yang menyeramkan bagi banyak kita.

Apalagi kini stroke tak hanya menyerang orang tua atau lanjut usia, tapi bahkan bisa menyerang kita yang masih muda.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang belum benar-benar mengerti bagaimana penanganan stroke yang tepat agar bisa selamat.

Asal tahu saja, di dalam penyakit stroke terdapat istilah ‘Time is Brain’ dan ‘Golden Hour’.

Dalam penanganan stroke penyumbatan dikenal pula istilah ‘Golden Hour’, yakni dalam kurun waktu 4,5 jam dari saat mulai timbul gejala stroke, terapi trombolisis bisa diberikan.

Pada periode tersebut, penanganan medis yang cepat dan tepat dapat memaksimalkan peluang pemulihan pasien.

“Time is Brain merujuk pada suatu konsep di mana bila penanganan stroke dilakukan semakin cepat akan membuahkan hasil yang lebih baik. Berdasarkan publikasi dari Saver (2006), pada saat kejadian stroke dalam satu menit sekitar 1,9 juta sel saraf akan mengalami kerusakan.

Sehingga penanganan yang cepat akan mengurangi kerusakan yang lebih besar. Setiap detik dan menit akan sangat berharga ketika saraf-saraf di otak mengalami kerusakan akibat stroke. Oleh karena itu, penanganan cepat dan tepat ketika seseorang mengalami stroke menjadi sangat penting,” ungkap dr. Peter Gunawan Ng, Sp.S, dokter spesialis saraf di RS Siloam TB Simatupang.

Memang bagaimana penanganan stroke yang tepat?

Penanganan awal pasien stroke di ruangan emergency meliputi stabilisasi kondisi pasien.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm