Showroom motor bekas di Cawas, Klaten didoinasi motor antik(Nugkla Garage/Nugroho)
Showroom motor bekas di Cawas, Klaten didoinasi motor antik(Nugkla Garage/Nugroho) ( KOMPAS.COM)

Cara Untuk Mengenali Mesin Motor Bekas Sehat atau Tidak

22 November 2023 21:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sepeda motor bekas banyak dijumpai di pasaran dengan banderol relatif lebih terjangkau. Sudah menjadi hal yang wajar kalau kendaraan bermotor akan mengalami penyusutan harga dari kondisi barunya.

Hal itu bisa terjadi lantaran umumnya motor bekas bakal mengalami kerusakan komponen seiring pemakaian. Sehingga, diperlukan dana khusus untuk perbaikan setiap ingin membeli motor bekas.

Untuk mengantisipasi termakan omongan pedagang motor bekas, calon pembeli harus tahu bagaimana cara mengenali mesin motor yang masih sehat. Pasalnya, tidak semua pedagang motor bekas mau berkata jujur.

Slamet, Pemilik Berkah Motor Cawas mengatakan ada beberapa cara untuk mengenali kondisi mesin motor bekas mulai dari pengamatan secara visual, ataupun mendengarkan suaranya.

“Mesin motor pernah dibongkar atau belum bisa dilihat dari sealant-nya, masih bawaan pabrik atau sudah pernah ditangani oleh mekanik, ada warna serta bentuk yang biasanya berbeda antara tangan manusia yang mengerjakan atau dari pabrikan,” ucap Slamet kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Slamet mengatakan antara mesin yang pernah dibongkar dan tidak sebenarnya tidak menentukan apakan mesin tersebut sehat atau bermasalah, hanya saja jika pernah dibongkar maka ada kemungkinan hasilnya tidak sama persis dengan rakitan pabrik.

“Terkait onderdil yang digunakan orisinal atau tidak, pemasangan yang benar atau tidak dan seterusnya maka dari itu akan lebih enak memilih motor bekas yang belum pernah dibongkar,” ucap Slamet.

Slamet juga mengatakan pembeli biasanya boleh mencoba motor bekas yang hendak dibeli sehingga suara mesin bisa terdengar masih normalkah atau ada masalah.

“Mendengarkan suara mesin motor bekas perlu skill khusus, tidak semua orang bisa karena ini terkait jam terbang, jika orang tersebut terbiasa mendengarkan suara mesin normal seperti apa maka bisa membedakan suara mesin bermasalah,” ucap Slamet.

Slamet mengatakan dari suara mesin tidak wajar tersebut ada kemungkinan telah terjadi keausan pada komponen seperti bearing, piston atau ring pistonnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm