Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun)
Abah Engkos (70) tengah mengatur lalu lintas di Tanjakan SpongeBob, jalan terjal yang menjadi jalan alternatif dari Kota Bandung menuju kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, Jumat (3/11/2023).(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun) ( KOMPAS.COM)

Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Jadi Ramai Peminat

23 November 2023 16:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Avanza generasi kedua lansiran 2011 - 2020, atau biasa disebut Avanza Reborn, sempat mengalami popularitas di bursa mobil bekas, belum lama ini.

Popularitas tersebut diakui oleh beberapa pedagang mobil bekas di sentra otomotif. Alasannya juga cukup lucu, yakni karena fenomena ‘tanjakan spongebob’, kejadian viral yang sempat populer di pertengahan tahun.

Untuk diketahui, istilah tanjakan spongebob mengacu kepada jalan dengan elevasi tidak normal dan sudut kemiringannya sangat curam, bahkan bisa di atas 30 derajat. Sudah ada banyak dokumentasi sosial media yang merekam kejadian semacam ini.

Kaitan kejadian tersebut dengan meningkatnya penjualan Avanza Reborn, adalah karena mobil LMPV ini menggunakan penggerak belakang (RWD), dan harganya kini sudah sangat murah.

Michael Mandala, Penanggung Jawab Sentra Mobil Bekas Mandala Mobilindo Gading Serpong mengatakan, permintaan untuk Avanza Reborn memang sempat meningkat drastis selama bulan Juli-Agustus 2023.

“Biasanya kalau ada stok, saya yang arahkan ke customer buat ambil mobil itu. Tapi kemarin sempat banyak tuh, customer dateng dan mintanya langsung Avanza Reborn,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (21/11/2023).

Michael mengaku sempat keheranan saat permintaan untuk Avanza Reborn sempat melonjak. Selang beberapa waktu, dirinya baru sadar bila hal itu dipengaruhi oleh kejadian viral.

“Ternyata gara-gara tanjakan spongebob, ada satu customer yang cerita. Aneh-aneh juga orang kalau cari mobil,” kata dia sembari berkelakar.

Dia mengaku sedikit mafhum perihal kenapa Avanza Reborn sempat viral. Menurutnya, mobil-mobil RWD memang dikenal lebih bertenaga, dan punya tenaga lebih.

Untuk diketahui, Avanza generasi ke-3 alias lansiran terbaru, memang sudah menggunakan platform berbeda dan berubah menjdi jenis penggerak depan (FWD).

“Kalau orang carinya RWD, murah, bagus, ya Avanza Reborn. Enggak ada yang lainnya,” kata dia.

Menyoal harga, Michael mengaku banderol Avanza Reborn bekas memang cukup bervariasi tergantung kondisi. Harga terendah yang pernah dia berikan adalah Rp 95 juta, untuk lansiran 2012.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gara-gara Tanjakan Spongebob, Avanza Reborn Bekas Ramai Peminat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/071200815/gara-gara-tanjakan-spongebob-avanza-reborn-bekas-ramai-peminat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm