Salah satu model kunci setir mobil untuk menangkal maling. Kunci setir seperti ini memgunci bagian kolom setir.(Foto: SEVA)
Salah satu model kunci setir mobil untuk menangkal maling. Kunci setir seperti ini memgunci bagian kolom setir.(Foto: SEVA) ( KOMPAS.COM)

Opsi Kunci Setir Mobil yang Efektif Untuk Cegah Maling

23 November 2023 20:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Teknologi makin canggih tapi kemampuan maling mobil juga terus diasah. Untuk itu walau sudah ada alarm, tak sedikit pemilik yang membekali dengan tambahan kunci setir untuk menangkal maling.

Terdapat beragam jenis dan bentuk kunci setir mobil di pasar. Tapi, bentuk paling umum yaitu kunci yang mengikat setir dan menempel dasboard, kemudian yang mengunci melingkari setir, hingga mengunci setir dengan pedal.

Yana, penjaga Sinar Jaya Motor, toko aksesoris di bursa otomotif Palmerah, Jakarta, mengatakan, dari ketiga model tersebut model yang mengunci setir ke dashboard yang paling baik.

"Karena dia universal semua bisa pakai. Paling bagus yang ini. Ini Paling mudah dipasang tinggal pasang di bagian setir, dan bisa dipasang meski setir pakai sarung setir," ungkap Yana kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Kemudian nomor dua ialah kunci setir yang mengikat di bagian putar setir. Yana menjelaskan, kekurangan model ini ialah pemasangan yang butuh waktu lama sebab harus menarik kunci.

"Kalau yang ini bentuknya dari setir ke setir. Ini lebih murah. Model ini pasangnya mesti menarik-menarik jadi makan waktu," kata dia.

Kemudian model ketiga yaitu kunci setir yang mengunci antara setir dengan salah satu pedal.

"Kalau yang ini juga sama. Kunci setir tapi dia diikat ke pedal. Pemasangannya butuh waktu," kata Yana.

Yana mengatakan, soal harga kunci setir yang menempel dasboard yang paling mahal.

"Harganya kalau yang kunci setir yang setengah itu (ke dashboard) itu Rp 150.000, kalau yang model setir itu Rp 85.000 dan yang kunci dari setir ke pedal sekitar Rp 125.000," ujar Yana.

Salah seorang penjual kunci setir di lokasi sama yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, pada dasarnya kunci setir tidak ada yang bisa melindungi mobil dari kemalingan 100 persen.

"Sebetulnya hanya memperlama aksi maling saja. Tapi kalau malingnya jago pasti jebol. Kecuali maling baru kali ya," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Opsi Kunci Setir Mobil yang Efektif Cegah Maling", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/100200315/opsi-kunci-setir-mobil-yang-efektif-cegah-maling.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm