Proses Total Quality Control (TCU) di bengkel resmi Auto2000(KOMPAS.com/daafa)
Proses Total Quality Control (TCU) di bengkel resmi Auto2000(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Keunggulan Untuk Cek Mobil Bekas Pakai TCU, Bisa Lebih Transparan

25 November 2023 18:24 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bengkel-bengkel servis resmi memiliki satu layanan khusus bernama Total Check Up (TCU) yang bisa dimanfaatkan konsumen, khususnya saat hendak membeli mobil bekas.

Sesuai namanya, layanan ini adalah proses pemeriksaan secara menyeluruh, untuk menakar kualitas dan kesehatan mobil bekas. Mulai dari kelengkapan komponen, kondisi bodi, sampai performa mesin.

Layanan TCU diklaim memiliki akurasi tinggi, karena tidak cuma dikerjakan oleh mekanik bengkel resmi dari merek mobil, peralatan modern seperti mikrometer dan dyno juga digunakan.

Juni Siswanto, Technical Leader Auto2000 Ahmad Yani menjelaskan, TCU bisa menambah transparansi antara konsumen dengan pedagang mobil bekas, dan memastikan supaya tidak terjadi kecurangan.

“Bukannya curiga, tapi kan ada saja pedagang nakal yang ngakunya sudah inspeksi (mobil bekas), ternyata belum, cuma dibersihkan aja langsung jual,” ucap Juni kepada Kompas.com, Kamis (24/11/2023).

Selain pemeriksaan besar, TCU juga akan berfokus pada pemeriksaan-pemeriksaan kecil, yang mungkin bisa luput dari pandangan mata.

Juni mengatakan, contoh satu pemeriksaan kecil yang efeknya besar adalah kondisi baut dan sekrup di area kaki-kaki. Seiring berjalannya waktu, komponen ini pasti bisa termakan usia.

“Kalau ternyata sudah neyeng (keropos) kan bahaya, nanti harus servis lagi dan semacamnya,” ucap dia.

Satu keunggulan lain bila memanfaatkan layanan TCU adalah untuk negosiasi harga. Semisal mobil bekas sudah diperiksa dan hasilnya keluar, konsumen dan pedagang bisa lanjut mendiskusikan soal harga final.

Jika ternyata mobil memiliki kekurangan di beberapa bagian, konsumen tentu akan punya keleluasaan untuk mengajukan penurunan harga, atau bahkan menolak membeli.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm