Tabel mando khas Pulau Natuna terbuat dari sagu butir dan ikan salai.
Tabel mando khas Pulau Natuna terbuat dari sagu butir dan ikan salai. ( DOK. FACEBOOK/DINAS PARIWISATA KABUPATEN NATUNA)

Piza dari Sagu Butir dan Tongkol, Berikut esep Tabel Mando Khas Natuna

27 November 2023 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Tabel mando adalah kuliner khas masyarakat Pulau Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) yang telah dikenal oleh orang Natuna semenjak berabad lalu. Tabel mando atau juga dikenal dengan tipeng mando biasanya menjadi hidangan utama masyarakat Natuna.

Tabel mando terbuat dari sagu butir lalu dipipihkan di atas loyang tipis. Tabel mando bisa disajikan dengan lauk pendamping seperti suwiran ikan tongkol, tuna, cumi, gurita, atau sotong. Namun ada juga masyarakat yang biasanya menambahkan parutan kelapa muda biar lebih gurih.

Tabel mando juga sering disebut sebagai piza ala Natuna karena bentuknya bulat dan pipih. Meski secara penampilan lebih mirip dengan kerak telor. Walau mirip, bahan kerak telor dan tabel mando berbeda. Jafar warga keturunan Pulau Natuna yang kini berdomisili di Batam mengatakan, tabel mando merupakan makanan khusus yang tercipta akibat cuaca ekstrim di Natuna.

Selain itu makanan ini juga ada karena kurangnya pasokan bahan makanan. Tidak jarang saat itu, masyarakat membuat makanan pengganti untuk bertahan dari kondisi musim utara di Natuna dan cuaca dingin. “Terlambatnya pasokan bahan makanan yang datang dari luar pulau Natuna juga mempengaruhi terciptanya tabel mando,” ungkap Jafar.

Jafar mengjelaskan, bahan utama tabel mando adalah sagu basah atau sagu mentah dan ikan salai simbok (ikan tongkol asap).  Kemudian kelapa kukur atau parut serta racikan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan lada hitam.

“Di masa yang lalu sagu merupakan salah satu makanan pokok masyarakat pulau Natuna, hal ini disebabkan oleh kondisi geografis kepulauan Natuna yang berada jauh di tengah Laut Natuna Utara,” ujar Jafar.

Menurut Jafar, transportasi laut ke Pulau Natuna akan berhenti ketika musim angin kencang khususnya musim utara yang berlangsung selama empat hingga enam bulan. Masyarakat Natuna pun bergantung pada sagu sebagai bahan makanan pokok selain ubi atau sumber karbohidrat lain.

“Untuk menghasilkan tabel mando yang renyah, sebaiknya gunakan sagu butir yang berkualitas baik. Jika menggunakan ikan tongkol, sebaiknya pilih ikan yang segar,” pungkas Jafar.

Resep tabel mando

Bahan tabel mando

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm