BMW XM menjadi safety car MotoGP 2024(Frederick Unflath)
BMW XM menjadi safety car MotoGP 2024(Frederick Unflath) ( KOMPAS.COM)

Mobil Hybrid BMW XM Jadi Untuk Safety Car MotoGP 2024

27 November 2023 21:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pabrikan mobil mewah asal Jerman, BMW, masih menjadi penyedia Safety Car untuk ajang balap motor bergengsi MotoGP di musim 2024 mendatang.

Melalui kendaraan SUV bertenaga buas, BMW XM Label Red yang akan memainkan peran utama di lintasan balap sebagai Safety Car MotoGP yang baru.

Ini akan menjadi yang pertama kalinya sebuah mobil berperforma tinggi dengan sistem penggerak elektrik akan memimpin di ajang balap motor kelas dunia.

CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan CEO BMW M van Meel secara resmi meluncurkan BMW XM Label Red Safety Car pada seri penutup Valencia 2023.

Safety car baru ini akan beraksi untuk pertama kalinya pada putaran pembuka musim 2024, yang akan berlangsung di Qatar pada bulan Maret.

"BMW M GmbH memasuki musim ke-26 sebagai ‘Official Car MotoGP' pada 2024. Perusahaan ini selalu bertugas menggunakan inovasi teknisnya untuk membantu memastikan keselamatan di lintasan balap," kata Ezpeleta, dikutip dari keterangan resmi, Minggu (26/11/2023).

"BMW XM Label Red Safety Car adalah sorotan utama dari mobil berperforma tinggi yang digunakan di MotoGP. Kami sudah tidak sabar untuk melihatnya di lintasan di Qatar,” lanjutnya.

Sementara itu, van Meel mengatakan, XM Label Red merupakan BMW M paling bertenaga yang diluncurkan oleh BMW. Terlebih mobil ini menjadi kendaraan hybrid pertama yang menjadi Safety Car MotoGP.

"Pada BMW XM Label Red, mesin V8 dan e-motor yang terintegrasi dalam gearbox M Steptronic 8-percepatan menghasilkan output total 550 kW atau 748 hp. Sistem penggerak yang sangat bertenaga ini, dan dinamika berkendara yang luar biasa di segala situasi, menjadikan BMW XM Label Red sebagai dasar yang sempurna untuk Safety Car MotoGP,” ucap van Meel.

BMW XM Label Red telah dilengkapi dengan berbagai elemen safety car untuk perjalanannya di lintasan balap MotoGP.

Elemen-elemen tersebut termasuk lampu depan tambahan yang berkedip, roof bar safety car, splitter depan, jok Recaro, enam titik tali pengaman, dan alat pemadam kebakaran. BMW XM Label Red juga akan memakai corak (livery) khas BMW M.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Hybrid BMW XM Jadi Safety Car MotoGP 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/27/160100415/mobil-hybrid-bmw-xm-jadi-safety-car-motogp-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm