Aedes aegypti
Aedes aegypti ( shutterstock.com)

Harus Waspada, 8 Meninggal Dunia di Belitung Akibat DBD

28 November 2023 06:32 WIB

SonoraBangka.id - Sepanjang 2023 hingga November ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung mencatat terdapat 8 kasus meninggal dunia akibat demam berdarah dengue.

Lima di antara kasus tersebut terjadi pada bayi dan anak-anak.

Berdasarkan data tersebut, di antara pasien meninggal dunia akibat DBD juga disebabkan karena terjadinya dengue shock syndrome (DSS). Demam pada DBD umumnya terjadi selama 2-7 hari dan menurun setelahnya. Namun, hati-hati, justru komplikasi biasanya terjadi pada fase ini.

Komplikasi paling banyak terjadi pada hari ke 3 dan 4 sejak hari pertama sakit. Jika tidak segera ditangani, maka komplikasi ini akan mengakibatkan syok yang berisiko kematian.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, Sri Agustini mengatakan peningkatan kasus DBD mulai terjadi pada Agustus 2023 lalu. 

"Peningkatan kasus terjadi pada Agustus dengan jumlah 69 kasus. Sedangkan Juli jumlah kasus DBD yang terjadi ada 30 kasus," kata Kabid , Senin (27/11/2023).

Kasus terbanyak terjadi pada Agustus dan September dengan masing-masing 69 dan 60 kasus. Tercatat, hingga November ini terdapat 390 kasus DBD. Jumlah ini pun mencapai dua kali lipat dibanding keseluruhan kasus pada 2022 lalu yang berjumlah 194 kasus.

Kebanyakan kasus DBD pun terjadi pada anak usia 5-14 tahun dengan jumlah 183 penderita. 

Dia mengatakan, pada kasus DBD yang terpenting dilakukan yakni pencegahan dengan melakukan PSN atau pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Saat musim penghujan, masyarakat juga harus waspada DBD. Langkah pencegahan bisa dilakukan dengan tidak membiarkan ada botol atau kaleng bekas yang dapat menjadi tempat tergenang air.  

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat. Juga dengan menggunakan lotion anti nyamuk maupun menggunakan obat anti nyamuk.

Penanganan DBD juga harus dilakukan secara cepat agar tidak terjadi komplikasi. Pertolongan pertama pada penderita DBD dapat dilakukan dengan banyak minum, terutama dapat mengonsumsi oralit.

Jadi, jika ditemukan gejala DBD, sebaiknya segera berkonsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Waspada Demam Berdarah Dengue, 8 Meninggal Dunia di Belitung Akibat DBD, https://bangka.tribunnews.com/2023/11/27/waspada-demam-berdarah-dengue-8-meninggal-dunia-di-belitung-akibat-dbd.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm