ernas, makanan khas Natuna terbuat dari sagu butir dan ikan tongkol. Bentuk kernas mirip dengan nuget.
ernas, makanan khas Natuna terbuat dari sagu butir dan ikan tongkol. Bentuk kernas mirip dengan nuget. ( SHUTTERSTOCK/NGISORPRING)

Dari Sagu Butir dan Ikan Tongkol, Berikut Resep Kernas Khas Natuna

28 November 2023 17:21 WIB

SonoraBangka.id - Kernas berasal dari Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), yang terbuat dari sagu butir dan ikan tongkol.

Kernas juga disebut kasam oleh sebagian penduduk di Pulau Natuna. Kernas biasa disantap bersama dengan sambal asam pedas dan dijual di kedai tepi pantai.

Salah satunya ada di pantai Teluk Selahang atau Pantai Tanjung, Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna. Tampilan luar kernas mirip nuget dengan butiran sagu yang menonjol.

Selain di Natuna, kernas juga bisa ditemukan di Anambas dan Tanjungpinang. Namun, makanan ini merupakan makanan khas masyarakat Pulau Natuna. Makanan ini memiliki tekstur renyah dan rasa gurih, sehingga cocok untuk dijadikan camilan atau lauk.

“Biasanya makanan ini disajikan warga Natuna saat menjamu tamu atau camilan saat rekreasi,” kata Jafar warga Natuna yang berdomisili di Batam, Sabtu (25/11/2023).

“Kalau musim utara seperti saat ini, ibu-ibunya suka buat kernas, karena musim utara warga Natuna tidak bisa beraktivitas keluar, karena cuaca ekstrim melanda Natuna,” ungkap Jafar.

Bahan baku kernas mudah ditemukan di Natuna dan cara membuatnya pun mudah. Sebaiknya gunakan tepugn sagu berkualitas baik agar hasil kernas renyah. Pilih pula ikan tongkol yang masih segar.

Resep kernas khas Natuna

Bahan kernas

1 kg ikan tongkol atau tuna

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm