Ilustrasi gardan mobil(Ghulam)
Ilustrasi gardan mobil(Ghulam) ( KOMPAS.COM)

Fatalnya Abaikan Untuk Pergantian Oli Gardan

28 November 2023 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pengguna mobil dengan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD), pantang untuk melupakan pergantian oli gardan yang fungsinya untuk melumasi komponen di dalam layaknya oli mesin.

Seperti diketahui, pada gardan, terdapat banyak komponen penyambung berupa gir dan lainnya untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda.

Komponen-komponen tersebut seperti, ring gear, spider gear, drive pinion gear, dan lainnya membutuhkan pelumas.

Jika oli gardan pergantiannya tak diperhatikan, otomatis akan menimbulkan keuasan pada komponen tersebut. Potensi terbesar bila didiamkan akan membuat kerusakan, sehingga pemilik mobil harus mengeluarkan dana besar untuk perbaikan.

Sebelumnya,Didi Ahadi Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, ada potensi yang menyebabkan terjadinya selip bila pergantian oli gardan tak diperhatikan.

"Jika penggantian oli gardan tidak berkala, akan ada jarak antar gir yang menyebabkan selip karena posisi gir tidak presisi," ujar Didi.

Perlu diketahui, kondisi oli gardan yang habis atau telah terkontaminasi karena lama tak diganti, dapat mengganggu perputaran roda dan berdampak pada kemampuan pengendalian.

Hal tersebut terjadi karena kualitas oli yang sudah menurun. Pada beberapa kasus, bahkan sampai menyebabkan keausan di komponen imbas gesekan yang terjadi sehingga menyebabkan kerusakan berat.

Dengan demikian, baiknya bagi para pemilik mobil yang masih mengusung sistem penggerak roda belakang selalu memperhatikan jadwal pergantiannya.

Menurut Didi, waktu pergantian oli gardan standarnya dilakukan setiap 40.000 kilometer (km) atau dua tahun pemakaian mobil, mana yang tercapai lebih dulu.

Tapi hal tersebut harus dipastikan dari buku manual, pasalnya setiap merek mobil punya jadwal masing-masing.

Sementara untuk jenis oli gardan yang digunakan, biasanya untuk mobil sport utility vehicle (SUV), pikap, dan kabin ganda disarankan menggunakan single grade dengan spesifikasi SAE90 atau SAE140. Hal ini karena beban kerja mobil lebih besar dari tipe mobil keluarga.

Untuk mobil-mobil multi purpose vehicle (MPV), city car, atau sedan, pergantian oli gardan bisa menggunakan pelumas multigrade dengan spesifikasi SAE75-90 atau 80W90.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fatalnya Abaikan Pergantian Oli Gardan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/28/123100515/fatalnya-abaikan-pergantian-oli-gardan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm