Ilustrasi lelang kendaraan di balai lelang JBA(Kompas.com/Daafa Alhaqqqy)
Ilustrasi lelang kendaraan di balai lelang JBA(Kompas.com/Daafa Alhaqqqy) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Membeli Kendaraan Bekas di Balai Lelang, Ada Faktor Hoki

29 November 2023 17:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Konsumen yang hendak membeli kendaraan bekas di balai lelang harus memperhatikan beberapa poin anjuran, supaya tidak keliru dan bernasib sial.

Membeli kendaraan bekas di balai lelang bisa dikatakan gampang-gampang susah da untung-untung rugi. Ada banyak faktor yang bisa memengaruhi sukses atau tidaknya proses transaksi.

Poin utama yang harus dipahami adalah mekanisme dari lelang kendaraan itu sendiri. Balai lelang bisa dianggap sebagai ‘arena tarung bebas’, karena semua konsumen akan bersaing dan beradu penawaran.

Johan Wijaya, General Manager JBA Auction menjelaskan, kunci utama dari keberhasilan lelang ada 3, yakni riset, momentum, dan hoki alias keberuntungan.

Untuk riset, konsumen sebaiknya mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya terkait kendaraan yang hendak dibeli melalui laman resmi balai lelang.

“Informasinya harus diperiksa, karena kendaraan yang masuk lelang pasti sudah melewati tahap inspeksi. Ada grade (penilaian) buat semua unit,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Selain memantau lewat laman website, konsumen sebaiknya juga mendatangi parkiran bursa lelang dan memastikan kondisi kendaraan secara pribadi.

Johan menyarankan, konsumen sebaiknya tidak berfokus di satu unit kendaraan saja. Pilih juga kendaraan lain dengan model atau tipe sejenis, untuk berjaga-jaga.

“Unitnya kan banyak, lebih baik langsung pilih 5. Misalnya Avanza, itu ada banyak sekali. Pilih banyak saja, jaga-jaga kalau kalah (saat bidding),” kata dia.

Selanjutnya yakni soal momentum, alias waktu terbaik untuk memberikan penawaran dan berpartisipasi saat lelang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm