Ilustrasi pabrik mobil MG di Chonburi, Thailand.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Ilustrasi pabrik mobil MG di Chonburi, Thailand.(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

MG Mulai Ekspor Mobil Listrik pada Kuartal IV 2024

29 November 2023 18:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah MG Motor Indonesia telah mengumumkan rencana produksi mobil listrik secara lokal, dimulai dengan MG ZS EV dan MG4EV. Rencana ini kabarnya mulai bergulir pada Februari 2024.

Selain itu, MG juga memastikan mobil produksi lokal tidak cuma untuk pasar di Indonesia, namun nantinya juga akan diekspor ke berbagai negara.

“Ada (potensi ekspor), kalau teman-teman perhatikan bahwa ada beberapa lini produk yang notabene tidak diproduksi di Thailand,” ujar Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia di Bangkok, Thailand (28/11/2023).

“Untuk beberapa hal yang kapasitasnya mereka kan masih 30.000 unit, walaupun kapasitas 100.000 unit. Jadi untuk negara-negara seperti Filipina, kemudian paling utama Australia yang sedang kami jajaki,” kata dia.

Menurutnya, Indonesia bisa menjadi hub produksi mobil-mobil MG, khususnya untuk mobil listrik. Seperti diketahui, Thailand sudah lebih dulu menjadi hub produksi mobil MG setir kanan.

Sementara itu, pasar mobil MG di Australia dinilai sangat berpotensi dengan penjualan yang diklaim mencapai 50.000-60.000 unit per tahun.

“Jadi itu merupakan sesuatu yang sangat kita lihat untuk bisa dijajaki ekspor. Karena kalau lihat data terakhir, produksi overall Thailand dan Indonesia, itu secara ekspor kita masih kalah. Jadi mudah-mudahan MG juga bisa berkontribusi,” ucap Arief.

“Yes (SUV), electric vehicle, target kita untuk hal tersebut enggak tanggung-tanggung, 30 persen dari produksi. Betul (tahun depan), mungkin di kuartal empat,” kata dia.

Sebagai informasi, Pabrik MG kabarnya akan berbagi fasilitas dengan Wuling Motors di Greenland International Industrial Center di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Hal ini terjadi karena keduanya sama-sama satu merek di bawah payung holding SGMW (SAIC, General Motors, Wuling) di China.

Kabarnya, kapasitas produksi maksimal pabrik tersebut mencapai 100.000 unit per tahun, dengan rincian 60 persen kapasitas untuk produksi mobil listrik, dan 40 persen untuk Internal Combustion Engine (ICE).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "MG Mulai Ekspor Mobil Listrik Kuartal IV 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/29/100200815/mg-mulai-ekspor-mobil-listrik-kuartal-iv-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm