Ilustrasi mobil mengalami oversteer( WILL SABEL COURTNEY)
Ilustrasi mobil mengalami oversteer( WILL SABEL COURTNEY) ( KOMPAS.COM)

Mobil RWD Lebih Mudah Untuk Mengalami Oversteer

30 November 2023 17:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oversteer merupakan kondisi ban belakang mobil kehilangan traksi lebih awal daripada bagian depan ketika sedang melibas tikungan.

Peristiwa ini kerap dialami pada mobil yang menggunakan penggerak roda belakang (RWD), terutama bila kendaraan melewati jalan menikung dan memiliki berat tidak seimbang.

Pada mobil RWD, roda belakang memiliki tanggung jawab utama untuk memberikan daya dorong. Jika roda belakang kehilangan kendali lebih awal ketika melewati tikungan, maka oversteer dapat terjadi.

Training Director Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, mobil RWD lebih cenderung mengalami oversteer, biasanya terjadi jika kondisi jalan licin dan alur permukaan ban mobil tipis.

“Mobil bisa lari kemana-mana, jadi bisa menyebabkan kasus fatal mobil keluar jalur, berputar, bahkan sampai terbalik. Untuk mencegah salah satunya dengan perawatan ban, dan rutin cek kondisi permukaan ban, sehingga ketahuan masih layak atau rusak,” ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ban mobil yang sudah tipis membuat friksi permukaan jalan dan traksi jadi hilang. Sehingga ketika melakukan manuver ban mudah untuk selip.

Sony juga mengatakan, oversteer terjadi tidak cuma saat melewati tikungan tajam, namun ketika manuver berlebihan atau menghindari di kecepatan tinggi. Traksi ban yang buruk bisa berpeluang besar menyebabkan mobil menjadi limbung.

Kendati demikian, Sony berpesan untuk pengemudi sebisa mungkin mengurangi kecepatan mobil secara bertahap.

“Jauh-jauh dari awal masuk tikungan, rem di imbangi engine brake. Jadi, saat belok kecepatan mobil stabil. Steering mudah terkontrol dan traksi ban aman,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil RWD Lebih Mudah Mengalami Oversteer", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/30/091200615/mobil-rwd-lebih-mudah-mengalami-oversteer.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm