Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.(KOMPAS.com/Gilang)
Salah satu komponen yang cukup krusial di mobil ialah dinamo starter atau motor stater. Dinamo stater berfungsi sebagai pemutar atau penggerak mesin kendaraan saat awal mesin dihidupkan.(KOMPAS.com/Gilang) ( KOMPAS.COM)

Biaya Untuk Servis Dinamo Starter Mobil yang Bermasalah

30 November 2023 19:44 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dinamo starter mobil yang mulai bermasalah akan membuat pemilik tidak nyaman. Sebab bila rusaknya mulai berat mobil akan sulit dihidupkan.

Jika mobil sudah mulai sulit distarter atau mulai sulit dihidupkan maka ada dua pilihan pertama yaitu servis dan kedua ganti, bisa pakai dinamo starter bekas alias copotan atau beli unit baru.

Jajang Setiawan, punggawa bengkel servis dinamo dan radiator, Anugrah Putra Tasik, di Cinere, Depok, mengatakan, biaya untuk servis dinamo starter bervariasi tergantung tingkat kesulitan.

"Untuk jasa saja sekitar Rp 250.000 sampai Rp 350.000," ujar Ujang panggilannya yang ditemui Kompas.com, di Depok, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023).

"Tergantung tingkat kesulitan. Kadang kesulitan itu waktu bongkar pasangnya, jadi tergantung mobil. Pengalaman saya yang dulu-dulu itu BMW kalau untuk sekarang itu yang agak sulit itu Honda C-RV gen tiga," katanya.

Ujang menyebut biaya untuk perbaikan tergantung tingkat kerusakan. Kemudian apakah pemilik mobil mau menggunakan komponen yang asli atau imitasi biasa disebut KW.

"Kalau perbaikan tergantung kerusakannya. Kalau ada kerusakan di carbon bruss, itu (pemilik) mau yang orisinil atau yang kualitas biasa, kalau carbon bruss itu paling murah Rp 75.000," katanya.

"Kemudian kalau otomatisnya (yang rusak) banyak juga yang jual pasaran, tergantung mobilnya juga, misal untuk Toyota Avanza untuk Denso Rp 350.000 sampai Rp 600.000 tergantung penjual," katanya.

"Untuk waktu pengerjaan tergantung jenis mobilnya juga, kalau barangnya ada dengan bongkar pasang cuma 2,5 jam," katanya.

Ujang mengatakan kalau ingin ganti baru harganya saat ini di pasar cukup bervariasi.

"Kalau harga baru dinamo starter banyak, kalau yang orisinil bisa di atas Rp 1 juta," katanya.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di situs jual beli online, untuk dinamo starter bekas layak pakai alias copotan berkisar antara Rp 500.000-Rp 1 juta. Sedangkan untuk unit baru mulai Rp 1,2 juta sampai Rp 6 jutaan tergantung mobil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Servis Dinamo Starter Mobil yang Bermasalah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/30/112200215/biaya-servis-dinamo-starter-mobil-yang-bermasalah.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm