Modifikasi di bagian mesin.(Febri Ardani)
Modifikasi di bagian mesin.(Febri Ardani) ( KOMPAS.COM)

Jangan Sepelekan ada Oli Rembes di Mesin Mobil

30 November 2023 21:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Salah satu bawaan MINI Cooper ialah oli rembes dari bagian mesin. Walau cukup umum buat mobil namun sebisa mungkin kejadian seperti itu jangan dianggap sepele.

Cliff, pemilik bengkel spesialis MINI Klinik Indonesia (MKI) di Fatmawati, Jakarta Selatan, mengatakan, jika melihat atau mengetahui ada oli rembes jangan dibiarkan karena lama-kelamaan oli bisa berkurang.

"Sebetulnya adanya kebocoran oli tidak bisa dianggap sepele. Karena begitu ada kebocoran dan kita tidak bisa menjaga olinya, saat olinya habis bakal bahaya," ujar Cliff kepada Kompas.com, di Jakarta, belum lama ini.

Pada umumnya bila jumlah oli kurang dari standar maka sirkulasi di ruang mesin jadi tidak maksimal. Kurang oli dapat menyebabkan pelumasan tidak maksimal, alhasil mesin cepat panas dan komponen aus.

Kalau terus dibiarkan dalam kasus ekstrem mobil bisa mati sendiri atau mogok.

"Kemudian kaki-kaki, jika sokbreker bocor tapi dibawa jalan terus maka lama-lama bisa merusak komponen yang lain. Tapi kalau MINI gampang panas tidak (overheat)," kata Cliff.

Cliff menjelaskan oli rembes pada MINI Cooper bukan karena kualitas mobil yang jelek melainkan mayoritas terjadi karena usia mobil.

"Sebetulnya usia saja, usia mobil," kata Cliff.

"Karena kalau sekarang kita bicara mobil tahun 2014 saja saat ini sudah hampir 10 tahun. Sedangkan seolah pertanyaannya ialah kenapa mobil MINI itu durability-nya seperti kurang padahal kilometer masih rendah," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Sepelekan Oli Rembes di Mesin Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/30/132100215/jangan-sepelekan-oli-rembes-di-mesin-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm