Ilustrasi industri film nasional.
Ilustrasi industri film nasional. ( SHUTTERSTOCK)

Pemerintah Bakal Standardisasi Pajak Film

1 Desember 2023 16:22 WIB

SonoraBangka.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kebijakan standardisasi pajak film sehingga harga nonton bioskop di seluruh daerah akan sama.

Hal ini diungkapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam unggahan Instagram pribadinya, dikutip Jumat (1/12/2023).

"Pak Presiden akan mengumumkan sebuah kebijakan di mana kita sebagai negara berpihak kepada industri film nasional. Kita sebagai pemerintah menstandardisasi yang namanya pajak film untuk di seluruh daerah bahwa seluruh pungutan pajak, karcis bioskop, itu semua sama di seluruh daerah," ujarnya dalam cuplikan video yang diunggah di akun Instagram @erickthohir.

Erick menjelaskan, standardisasi pajak film ini dilakukan agar industri film nasional tidak tergerus oleh film luar negeri.

Saat ini, film yang diputar di bioskop dalam negeri masih didominasi oleh film nasional yakni sebesar 64 persen. Hal ini, kata Erick, harus dijaga kuantitas dan kualitasnya agar film nasional tetap menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Film ini kan masih didominasi film nasional, yang kalau kita enggak jaga ini bisa swing back seperti tahun 2015 2014 justru film Hollywood akan lebih besar," ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mengumpulkan seluruh pungutan pajak film itu pada satu dana atau fund khusus film nasional.

Untuk itu, menurut Erick, harus ada peraturan presiden (perpres) untuk memayungi seluruh ekosistem perfilman nasional, baik dari sisi perpajakan, perizinan, hingga pendanaan.

"Sehingga juga kita ada titik akhirnya bagaiman proses daripada keuangan sendiri mesti clear," kata Erick.

Dalam unggahan yang sama, Erick menyebut pemerintah tengah membahas berbagai macam strategi mengembangankan industri film nasional dan menemukan tiga masalah utama, yakni pembiayaan, pemasaran, dan perizinan.

Untuk membantu pembiayaan, Perusahaan Film Negara (PFN) akan membantu para pembuat film mencari investor yang potensial.

Sementara untuk perizinan, Kementerian BUMN bersama kementerian dan lembaga lain akan berkoordinasi untuk memangkas regulasi agar produksi film bisa lebih efisien.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemerintah Bakal Standardisasi Pajak Film, buat Apa?", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/01/133659526/pemerintah-bakal-standardisasi-pajak-film-buat-apa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm