Kapulaga, rempah berjuluk Queen of Spices.
Kapulaga, rempah berjuluk Queen of Spices. ( (DOK.SHUTTERSTOCK/YOHANES_SETIYANTO)

Ada Kayu Manis dan Jahe, Berikut Ini 8 Bahan Pengganti Pala

2 Desember 2023 18:17 WIB

SonoraBangka.id -  Pala merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Cita rasa dari pala adalah pedas manis dan gurih. Di antara menu masakan khas Indonesia dengan pala adalah Sop Buntut, Soto Betawi, dan Manisan.

Namun, apa jadinya kalau kamu tidak memiliki pala di rumah saat memasak aneka menu tersebut? Jangan dulu bingung, Kompas.com melansir dari laman The Spruce Eats dan Good Housekeeping tentang bahan terbaik pengganti pala.

1. Kayu manis

Kayu manis memiliki cita rasa yang tak jauh berbeda dengan pala, yaitu manis dan berkayu. Kamu bisa menggunakan kayu manis untuk menggantikan pala dengan jumlah atau takaran yang sama banyaknya.

2. Rempah

Allspice atau bahan rempah yang terdiri dari cengkih, kayu manis, dan pala bisa kamu gunakan untuk menggantikan pala secara keseluruhan. Gunakan perbandingannya 1:1 dalam resep masakan yang akan kamu buat.

3. Kapulaga

Kapulaga bisa menggantikan rasa pala dalam masakan secara persis. Namun, kapulaga memiliki rasa yang cukup kuat dibandingkan pala. Oleh karena itu, gunakan setengah kapulaga untuk menggantikan satu takaran pala.

4. Adas bintang

Adas bisa memberikan rasa manis dan sedikit pedas pada masakan. Cara ini bisa digunakan sebagai pengganti pala. Lihat Foto Blueberry atau cokelat hitam mungkin merupakan sumber antioksidan yang paling populer. Padahal, salah satu manfaat cengkeh untuk kesehatan juga karena tinggi akan antioksidan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm