Ilustrasi kaca mobil berembun (Dicky Aditya Wijaya)
Ilustrasi kaca mobil berembun (Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

Sampo Bisa Jadi Solusi Untuk Kaca Berembun Ketika Hujan

2 Desember 2023 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Ketika suhu di luar mobil lebih dingin atau saat turun hujan, kaca mobil rawan berembun atau berkabut.

Embun pada kaca mobil ini bisa mengganggu jarak pandang atau visibilitas dalam berkendara. Visibilitas yang buruk dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengemudi kesulitan melihat jalan di sekitarnya.

Untuk mengatasi kaca mobil berembun, terdapat beberapa cara untuk mengatasinya, salah satunya menggunakan sampo yang ditambahkan pada air wiper.

Gatot, Mekanik Bengkel PT Aneka Giri Usaha, mengatakan, sampo menjadi solusi untuk kaca mobil yang berembun ketika hujan. Tapi, tidak bisa dipakai asal terdapat takarannya dan jenis sampo digunakan.

“Tampungan air wiper dibuat penuh satu liter, samponya sedikit saja beberapa cc saja,” ucap Gatot beberapa waktu lalu.

Gatot menjelaskan, apabila kondisi tampungan air wiper penuh sampo yang dibutuhkan, cukuup setengah sachet saja.

Selain itu, pemilihan jenis shampoo juga perlu diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal dalam membersihkan embun kaca mobil.

“Yang penting jangan gunakan sampo yang melembabkan, gunakan sampo yang biasa saja. Sampo anti ketombe itu malah bagus, kalau yang melembabkan kurang maksimal,” ucap Gatot.

Gatot mengatakan, walau shampoo bisa membantu mengurangi embun pada kaca mobil, namun mobil modern sekarang sudah dibekali heater yang membantu menangani masalah tersebut.

“Namun, sekarang ada heater, asalkan masih normal ya aman, Perjalanan hujan tidak bakalan ngembun,” ucap Gatot.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sampo Bisa Jadi Solusi Kaca Berembun Ketika Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/02/122200615/sampo-bisa-jadi-solusi-kaca-berembun-ketika-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm