Ilustrasi bolu sakura atau biasa disebut dengan bolu karamel kukus.
Ilustrasi bolu sakura atau biasa disebut dengan bolu karamel kukus. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H)

Wangi Karamel, Berikut Ini 4 Tips Membuat Bolu Sakura

3 Desember 2023 07:06 WIB

SonoraBangka.id - Bolu kukus karamel merupakan kue tradisional kukus dengan rasa legit dan aroma gula karamel.  Warnanya yang kecokelatan memang dibuat dari bahan gula karamel yang manis.

Ada cara membuat karamel agar tidak gosong, salah satunya dengan tidak mengaduknya hingga larut kemudian tuang air secara bertahap. Aduk hingga semuanya larut. 

Tekstur dari bolu karamel yang satu ini terasa empuk dan kenyal yang cocok untuk suguhan segala acara atau isian snack box. Sebelum mengikuti aneka resep bolu sakura, simak tips membuatnya dari buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

1. Jaga gula sampai kuning kecokelatan 

Cara membuat bolu sakura yang pertama adalah panaskan gula pasir untuk karamel sampai warnanya kuning kecokelatan.  Selalu jaga penggunaan api dan jangan sampai gula menjadi pekat kehitaman dan hangat karena bisa menimbulkan rasa pahit. Selain itu, bolu sakura bisa memiliki aroma sangit tidak enak. 

2. Hati-hati saat menuang air

Pada saat akan menuangkan air ke dalam gula karamel yang panas, sebaiknya berhati-hati. Pasalnya akan menimbulkan percikkan dan gula berdesis. Gunakan air panas untuk meminimalisir percikkan.  Kamu juga bisa menggunakan sarung tangan saat menuangkan airnya, bila perlu. 

3. Tak perlu ragu dengan warnanya yang pucat

Saat adonan akan dituang dalam cetakan, bisa jadi warnanya pucat. Namun, jangan khawatir atau ragu, tuang ke dalam cetakan dan warna kue akan berubah menjadi cokelat saat matang. 

4. Jangan lupa menggunakan soda kue

Soda kue bisa membua tekstur dari bolu kukus sakura menjadi mengembang dan empuk. Selain itu, warna cokelat karamel pada kue juga lebih keluar.  Ada baiknya untuk mengetes soda kue masih aktif atau tidak sebelum digunakan. Campur sedikit soda kue dengan beberapa tetes cuka makan atau air jeruk nipis. Kalau hasilnya ada busa, itu artinya soda kue masih bagus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Bolu Sakura, Bolu Kukus dengan Wangi Karamel", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/29/121700275/5-tips-membuat-bolu-sakura-bolu-kukus-dengan-wangi-karamel.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm