komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id)
komponen link stabilizer pada Mobil(Suzuki.co.id) ( KOMPAS.COM)

Kenali Tanda Link Stabilizer Mobil Sudah Minta Untuk Diperbaiki

3 Desember 2023 16:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Link stabilizer merupakan bagian suspensi mobil bawaan pabrik. Sesuai namanya, komponen ini bertugas menjaga kestabilan bodi kendaraan agar tidak limbung saat sedang bermanuver.

Beberapa manuver yang dilakukan pengemudi memang berpotensi membuat bodi kendaraan limbung, hingga akhirnya dapat membuat penumpang tidak nyaman.

Tidak cuma soal kenyamanan, limbung yang berlebihan juga mempengaruhi keselamatan. Pada suatu kondisi bisa menyebabkan hilang kendali karena saat limbung roda mobil bisa terangkat.

Maka dari itu, tidak sedikit mobil dibekali dengan stabilizer berupa batang torsi yang menyambungkan sisi kanan dan kiri suspensi. Sehingga, gaya limbung akibat manuver atau kondisi jalan bisa teredam dengan lebih baik.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan masalah link stabilizer pada umumnya berkaitan dengan bunyi dan patahnya komponen penunjang.

“Link stabilizer bisa dikelompokkan ke dalam beberapa bagian komponen, yakni batang stabilizer, bushing, dan connecting rod, mereka saling berkaitan dalam satu rangkaian kerja,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Hardi mengatakan tanda stabilizer membutuhkan perbaikan sebenarnya mudah dikenali oleh pengemudi. Bahkan, tidak sedikit menjadi keluhan konsumen.

“Bila sudah muncul gejala kerusakan stabilizer, biasanya konsumen sudah mengeluhkan ada bunyi tidak wajar saat mobil melewati jalan tidak rata dan sebagainya, karena ini cukup mengganggu dan bikin khawatir,” ucap Hardi.

Bunyi yang ditimbulkan bila stabilizer minta diperbaiki merupakan bunyi ketukan seirama dengan ayunan bodi kendaraan ke kanan dan ke kiri. Hardi memberikan contoh saat salah satu roda menghajar jalan tidak.

“Kondisi tersebut membuat mobil berayun ke kanan dan kiri, otomatis komponen stabilizer bekerja karena sebagai penstabil, nah bila ada komponen yang sudah aus atau oblak maka bunyi ketukan akan muncul,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm