Ilustrasi berkendara saat musim hujan di jalan tol(KOMPAS.com/STANLY RAVEL)
Ilustrasi berkendara saat musim hujan di jalan tol(KOMPAS.com/STANLY RAVEL) ( KOMPAS.COM)

Berapa Untuk Usia Ideal Karet Wiper Mobil?

3 Desember 2023 21:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Karet wiper merupakan komponen pendukung keselamatan berkendara khususnya pada saat musim hujan. Dengan karet wiper yang prima maka ketika hujan turun pandangan pengemudi akan lebih baik.

Karet wiper termasuk ke dalam onderdil fast moving yakni perlu diganti secara berkala karena kondisinya memang mudah memburuk. Elastisitas karet wiper bisa berubah lebih kaku dengan mudah ketika terkena panas.

Lantas, sebenarnya berapa lama sih usia ideal karet wiper mobil?

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan ada beberapa alasan karet wiper harus diganti yakni soal kelenturan atau elastisitas karet wiper dan kotoran.

"Maka, sebaiknya dalam satu tahun karet wiper itu harus diganti dua kali. Memang, biasanya saat perawatan berkala di cek oleh teknisi dan bila sudah memang melewati batas usia ditawarkan untuk diganti," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

"Tapi tak jarang batas usia karet wiper jatuh sebelum perawatan berkala. Jadi, amannya seperti itu. Sebab, kalau karet wiper sudah keras bisa sobek dan membuat blade pada wiper terkena kaca sehingga baret," lanjut Didi.

Didi menambahkan, selain karena batas usia beberapa hal yang menyebabkan karet wiper cepat rusak adalah sering memarkirkan mobil di bawah terik matahari.

Adapun harga karet penyeka kaca ini terbilang cukup terjangkau dibandingkan harga kaca yang rusak karena kelalaian pengguna.

“Untuk tipe wiper ini ada dua yang menggunakan frame atau blade dan yang tidak menggunakan frame, kedua tipe ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sekarang, paling populer jenis yang pakai frame,” ujar Didi

Nah, jika kondisi wiper sudah jelek, jangan ragu untuk menggantinya karena secara umum usia wiper cukup singkat cuma setengah tahunan saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Berapa Usia Ideal Karet Wiper Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/03/170100015/berapa-usia-ideal-karet-wiper-mobil-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm