Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.(Kompas.com/Alsadad Rudi)
Deretan mobil yang parkir di area terbuka dengan posisi wiper diangkat.(Kompas.com/Alsadad Rudi) ( KOMPAS.COM)

Apa Benar Untuk Wiper Harus Diangkat Saat Mobil Parkir?

4 Desember 2023 18:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wiper merupakan salah satu komponen bermaterial karet yang cukup penting dalam menjaga visibilitas pengemudi karena berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan air hujan, debu, dan kotoran lainnya.

Pentingnya komponen tersebut membuat perawatannya harus selalu diperhatikan supaya wiper tetap berfungsi dengan baik.

Salah satu perawatan wiper yang sering dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan mengangkatnya ketika parkir. Mereka beranggapan wiper yang terangkat bisa menghindari kerusakan pada karet.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, mengangkat wiper ketika mobil ketika parkir memiliki manfaat untuk ketahanan usia karet wiper.

“Ketika wiper menempel pada kaca mobil, akan mengalami double impact dari panas matahari dan panas kaca mobil. Sehingga, kecepatan wiper menjadi keras dan tidak elastis, serta kemampuan untuk menyeka air dari kaca tidak akan maksimal," ucap Suparna kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sementara, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Indonesia Maria Kayla Augusta mengatakan, ketika mobil diparkir wiper tidak perlu diangkat dengan catatan karet wiper yang terpasang sudah berkualitas.

Kayla menjelaskan, umumnya karet wiper yang beredar di pasaran sudah disesuaikan dengan iklim di Indonesia sehingga tidak mudah mengeras atau getas.

“Tidak perlu khawatir karet jadi getas atau lengket karena meleleh ke kaca depan mobil. Jadi tidak perlu lagi diangkat-angkat,” ucap Kayla, dikutip dari Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Mengangkat wiper juga memiliki risiko, bila wiper tersenggol maka akan langsung jatuh dan membentur kaca. Ini berpotensi merusak per wiper dan kaca depan mobil.

Kyla juga mengatakan, per wiper arm yang terus-menerus menegang karena posisi terangkat bisa membuat komponen tersebut mudah rusak.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, mengangkat wiper ketika parkir cukup merepotkan sehingga ia lebih menyarankan untuk mengganti secara rutin.

“Terpapar panas pada kaca depan memang bisa menyebabkan karet wiper kurang elastis. Namun, kalau selalu diangkat saat parkir akan merepotkan, sehingga lebih disarankan untuk melakukan penggantian karet wiper enam bulan sekali,” ujar Didi.

Didi mengatakan, angkat wiper ketika parkir tidak memengaruhi anjuran masa penggantian komponen tersebut.

“Jadi untuk tetap memiliki visibilitas yang baik ketika berkendara memang sebaiknya dilakukan penggantian rutin enam bulan sekali,” ucap Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Benar Wiper Harus Diangkat Saat Mobil Parkir?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/101200715/apa-benar-wiper-harus-diangkat-saat-mobil-parkir?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm