Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi dan bisa cocok dengan mobil apapun.(Foto: Java Seat/Stefaan Ardino)
Motif jok fabric mini tartan laris karena motif dan polanya yang bisa dibilang abadi dan bisa cocok dengan mobil apapun.(Foto: Java Seat/Stefaan Ardino) ( KOMPAS.COM)

Mau Pakai Jok Fabric, Jangan Lakukan Untuk Perilaku Ini

4 Desember 2023 18:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jok mobil biasanya dilapis memakai bahan kulit atau fabric alias berbahan kain. Pada umumnya perawatan keduanya berbeda, pemakai jok fabric mesti lebih telaten dalam merawat.

Stefaan Ardino, pemilik Java Seat, workshop interior spesialis mobil retro di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, dari sisi perawatan jok fabric lebih sulit dibersihkan dan mudah menjadi menjadi sarang debu.

Stefaan mengatakan, pemilik mobil yang menggunakan fabric mesti lebih menjaga kualitas interior dan menghindari beberapa hal yang dapat merusak kabin.

"Pertama, mau dia jok fabric atau kulit yang namanya rokok, kalau kita merokok dalam mobil itu sudah pasti merusak (bau)," kata Stefaan kepada Kompas.com pekan lalu.

"Kalau masalah makanan dalam mobil fabric dan kulit tinggal di vacum atau dilap. Tapi kalau yang sifatnya cairan itu agak sulit, kalau semisal kopi atau ada kunyitnya itu fabric sudah pasti kalah," katanya.

Untuk itu kata Stefaan, pemilik mobil yang menggunakan fabric sebaiknya menghindari makan dan minum di kabin. Apalagi minuman berwarna pekat sebab bila tumpah dan mengenai jok akan sulit dibersihkan.

"Jadi mungkin menghindari makanan dan minuman yang kurang rapih di mobil sebab itu juga jadi karakter pengendara jorok atau tidak," ujarnya.

"Kalau pengendara yang rapih misalnya minum pakai tumbler atau sedotan sehingga lebih rapih. Tapi kalau yang cuek dan ceroboh minum pakai cup yang tiba-tiba tumpah," katanya.

"Kalau kita lihat dari pabrikan OEM mereka pakai fabric, harus diakui sulit merawat jok fabric yang warnanya terang seperti warna gading itu jauh lebih sulit ketimbang yang warnanya hitam atau abu-abu," kata Stefaan.

Stefaan mengatakan, jok fabric warna terang mudah kotor dan jok berubah warna jadi hitam. Jika dibiarkan lama noda tersebut akan sulit dihilangkan dan membuat tampilan jok jadi jelek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mau Pakai Jok Fabric, Jangan Lakukan Perilaku Ini", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/102200315/mau-pakai-jok-fabric-jangan-lakukan-perilaku-ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm