ilustrasi lamb rack.
ilustrasi lamb rack. ( shutterstock/DronG)

Berikut Ini 2 Cara Potong Lamb Rack dengan Tepat

4 Desember 2023 20:32 WIB

SonoraBangka.id - Lamb rack merupakan potongan daging domba yang berasal dari bagian punggung domba. Potongan ini dari tulang rusuk yang masih terhubung dengan daging domba.

Mengutip Aussie Meat, lamb rack dipotong secara melintang sepanjang tulang belakang, termasuk 16 tulang rusuk atau potongan daging. Cara klasik untuk mempersiapkan lamb rack adalah dengan tulang dalam kondisi terbuka atau biasa disebut frenched.

Potongan ini mencakup otot mata daging, tetapi tidak termasuk tenderloin. Lamb rack dipotong di antara ujung tulang, agar ujung tulangnya lebih menonjol dan bersih.

Sebagian besar restoran menyajikannya dengan cara ini untuk tampilan yang lebih menarik. Simak memotong lamb rack dengan cara yang benar dari Serious Eats berikut.

1. Perhatikan lengkungan pada tulang rusuk

Tulang rusuk pada lamb rack cenderung melengkung mengikuti lengkungan daging belakang. Perlu diperhatikan posisi tulang dan daging agar pembagiannya merata dan tepat.

Perhatikan posisi lengkungan tulang, apakah ke kanan atau kiri. Jika tulang melengkung ke bawah dan ke kiri, bagian daging pinggang akan berada di kanan. Sebaliknya jika tulang melengkung ke arah kanan, maka bagian daging pinggang akan berada di sebelah kiri.

2. Arahkan pisau dengan benar

Pastikan pisau bergerak sepanjang tulang secara hati-hati dan mengikuti arah tulang yang benar. Ini memastikan daging akan merata di setiap potongan. Jika kamu menggunakan pisau untuk memotong tulang yang mengarah di sebelah kiri, kamu akan mendapatkan bagian daging dari sebelah kanan.

Pasalnya, tulang akan mendorong daging ke arah yang berlawanan. Sebaliknya jika kamu memotong tulang yang mengarah di sebelah kanan, daging yang dihasilkan akan lebih banyak di sebelah kiri dari tulang tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Potong Lamb Rack dengan Tepat, Perhatikan Lengkungan Tulang", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/01/150300375/2-cara-potong-lamb-rack-dengan-tepat-perhatikan-lengkungan-tulang.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm