New Honda Scoopy 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
New Honda Scoopy 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Inreyen Masih Berlaku pada Kendaraan Sepeda Motor Baru?

4 Desember 2023 21:08 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Inreyen merupakan perlakuan pengguna terhadap kendaraan baru termasuk sepeda motor. Berhubung baru, muncul anggapan komponen dalam mesin butuh penyesuaian sehingga tidak bisa dioperasikan langsung seperti biasa.

Bahkan, di kalangan masyarakat juga kerap beredar anggapan setiap motor baru harus terlebih dulu digunakan untuk bepergian dengan jarak cukup jauh atau dengan medan bervariasi seperti menanjak dan sebagainya.

Nah, apakah inreyen ini masih berlaku pada motor baru? Simak penjelasan ahli berikut ini!

Gio, Pemilik Giovani Motor mengatakan tidak ada prosedur khusus untuk mengoperasikan motor baru.

“Sejak saya masih di Honda, sampai sekarang ya bila menerima motor baru sudah bisa digunakan seperti biasa, tidak ada standar operasional khusus,” ucap Gio kepada Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Pria yang sempat menjadi Kepala Bengkel Ahass ini mengatakan yang menjadi poin penting saat menerima motor baru adalah justru penyesuaian pengendara dengan unit yang digunakan.

“Berhubung motor yang digunakan baru, maka pengguna wajib menyesuaikan diri, karena motor yang dipakai tidak sama dengan motor lama, jika ini motor pertama ya yang penting mengendarainya hati-hati,” ucap Gio.

Menurut Gio, sebenarnya motor baru sudah dalam kondisi siap dioperasikan oleh konsumen. Selama pengoperasian wajar, tidak digeber-geber maka motor baru aman digunakan.

“Jika motor baru ya jangan lupa dirawat saja, biasanya justru konsumen lupa bila motor-motor baru itu tetap butuh perawatan meski performanya masih prima, perhatikan penggantian oli,” ucap Gio.

Gio mengatakan penggantian oli akan menjadi salah satu langkah menjaga usia komponen mesin agar lebih awet.

Jadi, anggapan motor baru membutuhkan inreyen agar komponen motor ke depannya lebih awet tidak benar. Menurut dia, motor baru akan awet jika dirawat dengan baik.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inreyen Masih Berlaku pada Sepeda Motor Baru?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/121200715/inreyen-masih-berlaku-pada-sepeda-motor-baru-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm