Grafir spion mobil(dok Grafir spion mobil)
Grafir spion mobil(dok Grafir spion mobil) ( KOMPAS.COM)

Efek Buruk Membiasakan Lipat Spion Mobil secara Manual

4 Desember 2023 21:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Aktivitas melipat spion mobil kerap dilakukan ketika saat parkir atau papasan dengan pengguna jalan lain di gang sempit. Tak jarang hal ini dilakukan secara manual atau menggunakan tangan.

Padahal, tidak semua spion mobil boleh dilipat secara manual, seperti mobil-mobil modern yang kaca spionnya bisa terlipat secara otomatis atau dengan tombol.

Sehingga, siapa saja disarankan untuk tidak membiasakan melipat spion mobil secara manual. Simak penjelasan ahli berikut!

Eko Setiawan, Pemilik Everest Motor, mengatakan, spion mobil ada beberapa jenis, ada yang aman dan ada juga yang bisa rusak jika dilipat manual.

“Tergantung desainnya, ada yang tidak bisa ditekuk manual sehingga jika dipaksakan langsung patah, ada elektrik, tapi bisa ditekuk manual dan spion manual tentunya bebas ditekuk,” ucap Eko kepada Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Eko mengatakan, berhubung sulit membedakan seperti apa desain spion mobil, sebaiknya melipat spion secara manual tidak dibiasakan. Bila bertemu dengan spion elektrik tapi tidak bisa ditekuk manual maka risikonya patah jika dipaksakan.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tidak semua spion mobil aman dilipat secara manual.

"Tergantung dari desain spionnya, ada yang retractable tapi bisa dilipat secara manual, namun juga ada yang desainnya tidak bisa dilipat manual. Sekalinya dilipat manual, gear akan patah," kata Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Didi mengatakan, desain spion bermacam-macam. Ada spion manual, retractable, dan retractable dengan pengaman. Sehingga, meski spion digerakkan oleh motor untuk membuka dan menutup, desain gearnya aman bila tidak sengaja terlipat.

"Meski spion dapat terlipat secara elektrik, namun ada jenis spion bila tersenggol aman saja karena ada mekanisme untuk menghindari kerusakan motor atau roda giginya. Namun, ada yang tidak bisa, jadi bila tersenggol itu bisa rusak," ucapnya.

Menurut Didi, sebaiknya tidak membiasakan melipat spion elektrik secara manual. Berbeda dari spion yang belum menggunakan elektrik sehingga tidak terjadi kerusakan pada spion.

Didi mengatakan untuk membiasakan menekuk spion melalui tombol yang sudah tersedia. Jika parkir di tempat terbuka atau jalan yang sempit, sebaiknya tekuklah spion sebelum keluar dari mobil.

Hal ini bertujuan supaya spion terhindar dari senggolan dengan kendaraan lain atau menghindari spion ditekuk secara manual oleh orang lain, seperti petugas parkir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Efek Buruk Sering Lipat Spion Mobil secara Manual", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/131200915/efek-buruk-sering-lipat-spion-mobil-secara-manual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm