Chery Omoda E5 yang resmi diproduksi di Indonesia(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI)
Chery Omoda E5 yang resmi diproduksi di Indonesia(KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI) ( KOMPAS.COM)

Indonesia Bakal Jadi Basis Untuk Produksi Mobil Setir Kanan Chery

4 Desember 2023 21:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Chery merupakan produsen mobil asal China yang mulai masuk ke pasar Indonesia. Salah satu jenis produk yang diandalkan adalah mobil listrik yang sedang menjadi tren di Tanah Air.

Rifki Setiawan, Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI), mengatakan Chery akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil setir kanan dengan membangun pusat riset dan juga pabriknya sendiri di Indonesia.

“Kami juga memiliki tujuan untuk membangun pabrik dan pusat riset sendiri di Indonesia dan akan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk setir kanan,” ucap Rifki di Bogor, Minggu (3/12/2023).

Saat ini, Chery telah merancang pembangunan ekosistem kendaraan mereka di Indonesia. Yang terbaru, Chery Indonesia telah berhasil memproduksi unit elektrik pertama mereka di pabrik milik PT Handal yakni Omoda 5E.

Mobil ramah lingkungan yang belum memiliki banderol resmi ini telah diminati setidaknya oleh 400 orang sejak pertama kali diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus lalu.

Chery berencana akan memproduksi 250 unit sampai 300 unit Omoda E5 per bulan. Bila sudah punya kemampuan tersebut, maka bisa saja ke depannya akan diproduksi mobil listrik lainnya.

Melihat tren pasar, mobil listrik mungil seperti Wuling Airev, Seres E1, sampai Neta V lumayan diminati.

Harry Kamora, Vice President CSI, mengatakan, setelah punya fasilitas perakitan mobil listrik, ke depannya bisa saja memproduksi mobil listrik mungil.

"Pasti bermain ke segmen itu, pasti. Tapi belum di waktu saat ini," kata Harry di Bekasi, Sabtu (2/12/2023).

Ada beberapa hal yang dipertimbangkan Chery untuk mulai main ke segmen mobil listrik yang mungil. Misal seperti harga dan daerah, semuanya harus disesuaikan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm