Volvo Cars kembali hadir di Indonesia, Fokus pada mobil listrik (Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Volvo Cars kembali hadir di Indonesia, Fokus pada mobil listrik (Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Alasan Volvo Tidak Jual Untuk Sedan di Indonesia

4 Desember 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Setelah sebelumnya hengkang pada 2017, Volvo Cars kembali hadir di industri otomotif Indonesia pada Agustus 2023 lalu.

Pabrikan asal Swedia ini langsung menjual empat kendaraan elektrifikasi, yakni XC40 electric vehicle (EV), XC90 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), XC60 PHEV dan XC40 PHEV.

Jika diperhatikan, semua lini produk yang ditawarkan oleh Volvo saat ini berjenis sport utility vehicle (SUV). Hal ini tentu sedikit berbeda dengan citra Volvo sebagai brand premium yang biasanya menawarkan mobil berjenis sedan.

Lantas, mengapa Volvo hanya menjual kendaraan berjenis SUV di Indonesia?

Menjawab hal ini, Haryanto Djayaputra, GM Operations Volvo Cars Indonesia mengatakan, saat ini lini produk Volvo memang lebih mengarah ke segmen SUV.

“Sebenarnya tidak hanya untuk Indonesia, tetapi negara lain juga mulai mengarah ke SUV,” ucap pria yang akrab disapa Toto, saat ditemui di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Menurut Toto, ini dikarenakan mobil berjenis SUV memiliki kegunaan yang lebih luas dibandingkan mobil sedan.

“Karena yang pertama dari ground clearance (lebih tinggi) dan kegunaan suv lebih luas dibanding sedan. Sedan tetap ada, tapi lebih mengarah ke SUV,” ucap Toto.

Sebelumnya, pabrikan asal Swedia ini terkenal dengan mobil sedan Volvo 960 produksi 1991. Mobil ini sempat menjadi kendaraan menteri pada era orde baru. Tapi, saat ini kendaraan jenis sedan sudah tidak dipasarkan di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Volvo Tidak Jual Sedan di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/04/132100215/alasan-volvo-tidak-jual-sedan-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm