Ilustrasi sesak napas yang bisa menjadi gejala pneumonia.
Ilustrasi sesak napas yang bisa menjadi gejala pneumonia. ( FREEPIK/JCOMP)

Dokter Himbau Masyarakat Indonesia Lakukan PHBS untuk Waspadai Wabah Pneumonia Misterius yang Kian Menyebar

5 Desember 2023 11:05 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini kasus pneumonia misterius anak di China tengah menjadi perhatian serius di seluruh dunia.

Pneumonia misterius pada anak di China ini berawal pada tanggal 13 November silam.

Saat itu, Komisi Kesehatan Nasional China mengumumkan peningkatan penyakit pernapasan.

Menghadapi kondisi tersebut, Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) mengambil langkah cepat dengan menerbitkan surat edaran kewaspadaan terkait wabah pneumonia misterius yang terjadi di China.

Surat edaran ini ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi, kepala dinas kesehatan kabupaten/kota, direktur/kepala rumah sakit, kepala kantor kesehatan pelabuhan dan kepala puskesmas di Indonesia.

Surat edaran ini bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran pneumonia di Indonesia.

Melansir Kompas.com, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), dr. Astari Pranindya Sari mengimbau masyarakat untuk tidak panik.

Namun masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan akan potensi penularan penyakit ini.

Hingga saat ini belum ada kesimpulan secara pasti penyebab dari radang paru-paru atau pneumonia yang menjangkit anak-anak di China.

Disinyalir penyebab peningkatan kasus ini kemungkinan dari virus influenza, Rhino Syncytial Virus (RSV), Mycoplasama pneumoniae, atau hal baru lain yang belum diketahui.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm