Ilustrasi peyek atau rempeyek kacang.
Ilustrasi peyek atau rempeyek kacang. ( Dok. Shutterstock/Maharani afifah)

Berikut 5 Cara Membuat Rempeyek Kacang Tanah yang Tipis dan Renyah

5 Desember 2023 18:25 WIB

SonoraBangka.id -  Rempeyek atau peyek adalah salah satu makanan tradisional yang mempunyai rasa gurih dan renyah, rempeyek sering ditemui pada nasi pecel.

Rempeyek ini memiliki varian isi seperti teri, rebon, kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tanah. Kamu bisa membuat rempeyek di rumah, caranya mudah dengan memperhatikan bahan utama, adonan harus encer, dan teknik menggoreng yang tepat agar peyek renyah dan tipis.

Simak cara membuat rempeyek kacang tanah dengan hasil tipis dan renyah, dikutip dari majalah "Saji / ED 465 JUN 2020" (2020) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Bahan utama

Bahan utama peyek adalah tepung beras dan tepung sagu. Tanpa tepung sagu, rempeyek bisa menjadi keras teksturnya. Sebaliknya jika kebanyakan tepung sagu, peyek bisa rapuh dan mudah hancur. 

Rempeyek mempunyai rasa gurih untuk itu diberi santan secukupnya tidak terlalu kental bukan air, santan juga memberi tekstur renyah dan empuk.

2. Bumbu rempeyek

Rempah dan bumbu adalah bahan pendukung rempeyek yang menghasilkan peyek enak. Bawang putih, kencur (bila suka), dan daun jeruk harus terasa menonjol pada rempeyek.

Bumbu untuk adonan peyek bisa dikreasikan seperti ingin peyek kuning, tambahkan kunyit. Atau ingin rempeyek pedas maka ditambahkan bubuk cabai.

3. Adonan rempeyek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm