Ilustrasi efek samping ubi jalar yang jarang ketahui.
Ilustrasi efek samping ubi jalar yang jarang ketahui. ( SHUTTERSTOCK/Sasapin Kanka)

Berikut 6 Cara Rebus Ubi Jalar agar Warnanya Cerah dan Empuk

5 Desember 2023 18:29 WIB

SonoraBangka.id - Punya ubi jalar di rumah? Ada cara merebus ubi jalar agar warnanya cerah dan teksturnya mudah empuk.  Dilansir dari beberapa sumber, ada tips merebus ubi jalar untuk berbagai olahan makanan atau bisa dinikmati secara langsung. Simak cara mengolahnya yang tepat berikut ini. 

1. Cara pilih ubi jalar

Dilansir dari laman Real Simple, pilih ubi jalar dengan kulit yang halus. Pastikan tidak ada lubang atau bagian yang berair. Pilih ubi jalar yang keras saat ditekan.

2. Bersihkan ubi

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Minggu (06/02/2022), Executive Chef The Alana Hotel & Convention Center Solo Pian Gunawan menyarankan untuk membersihkan ubi jalar dengan air mengalir. Sikat perlahan, jika ada sisa tanah atau tanaman yang menempel pada permukaan ubi jalar

3. Jenis potongan ubi jalar

Selanjutnya, tentukan jenis potongan ubi jalar yang diinginkan. jika kamu ingin membuat olahan ubi tumbuk, sebaiknya rebus secara utuh karena lebih menghemat waktu. Jika kamu ingin menikmatinya langsung, potong ubi jalar dengan ukuran dadu secara merata. Cara ini bisa mempercepat dan membuatnya matang secara bersamaan. 

4. Rendam ubi secara perlahan

Setelah dicuci dan dipotong, rendam dulu ubi. Gunakan takaran air sebanyak di atas satu garis telunjuk jari dari terendamnya ubi.

5. Masukkan sebelum air mendidih

Kamu bisa merebus ubi dari awal, saat airnya masih belum mendidih. Cara ini bisa membuat ubi jalar terlihat lebih carah saat matang. "Kalau (pakai air dingin), suka ada bulir-bulir kayak batu. Kalau seandainya dijadikan mashed atau pure, gak merata," ujar Pian.

6. Lama waktu merebus ubi jalar

Dalam laman Real Simple, membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit untuk merebus 1,8 kilogram ubi jalar. Tambahkan dengan sedikit garam atau gula untuk menambah cita rasanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Rebus Ubi Jalar agar Warnanya Cerah dan Empuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/12/05/121300975/6-cara-rebus-ubi-jalar-agar-warnanya-cerah-dan-empuk.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm