Toyota Hilux Hybrid 48V(Dok. Toyota)
Toyota Hilux Hybrid 48V(Dok. Toyota) ( KOMPAS.COM)

Toyota Hilux Hybrid 48V akan Diperkenalkan di Eropa

5 Desember 2023 18:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Hilux generasi terbaru akan mengusung teknologi elektrifikasi. Pikap kabin ganda ini sekarang sudah disematkan sistem mild hybrid pada mesin diesel andalannya.

Dikutip dari Newsroom.toyota.eu, Senin (4/12/2023), Toyota memperkenalkannya dengan Hilux Hybrid 48V. Toyota mengeklaim bahwa pikap ini mengalami peningkatan pada performa berkendara dan kenyamanan, baik untuk perjalanan di aspal maupun tanah.

Mesin diesel 2.8 L yang disematkan pada pikap kabin ganda ini sekarang diperkuat dengan sistem hybrid 48V. Sistem mild hybrid ini didesain khusus untuk pikap multifungsi seperti Hilux.

Mesin menggerakkan generator motor yang ringkas menggunakan sistem sabuk, yang pada gilirannya mengisi daya baterai lithium 48V yang baru. Baterainya cukup kecil untuk dipasang di bawah kursi belakang untuk meminimalkan dampak pada ruang kabin dan beratnya cuma 7,6 kg. Baterai 48V ini juga memasok sistem 12V kendaraan melalui konverter DC/DC baru.

Selayaknya sistem full hybrid electric Toyota, baterai baru ini diisi selama perlambatan percepatan, secara efisien meregenerasi energi pengereman, sekaligus menambah kinerja pengereman.

Setelah terisi, baterai mengirimkan daya hingga 16 tk dan torsi 65 Nm melalui generator motor ke mesin untuk meningkatkan akselerasi, tenaga, dan efisiensi.

Generator motor yang kuat ini ringkas dan telah dirancang untuk tahan terhadap lingkungan kerja yang lebih keras yang dialami oleh kendaraan komersial. Sementara mesinnya, telah dimodifikasi untuk beradaptasi dengan sistem hybrid.

Tensioner sabuk dua lengan yang baru dan bahan sabuk yang lebih kuat berkontribusi pada peningkatan kemampuan berkendara dan pengendaraan yang lebih senyap, namun tetap mempertahankan daya tahan Hilux yang terkenal.

Mesin 2.8 L, DOHC, 16 katup, mampu menghasilkan tenaga hingga 204 tk pada 3.400 rpm dan torsi 500 Nm di rentang 1.600 rpm hingga 2.800 rpm. Toyota mengeklam Hilux Hybrid 48V aman mengonsumsi bahan bakar biosolar B100.

Ubahan lainnya ada pada panel meter, di mana terdapat indikator baterai. Selain itu, Toyota juga menyematkan lima pilihan mode berkendara Multi Terrain Select, yakni Auto, Dirt, Sand, Mud, dan Deep Snow.

Dengan penggunaan sistem mild hybrid, Toyota mengeklaim konsumsi BBM yang dihasilkan Hilux terbaru ini lebih baik lima persen dibanding model sebelumnya.

Toyota Hilux Hybrid 48V dijadwalkan akan tersedia di pasar Eropa pada pertengahan 2024.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Toyota Hilux Hybrid 48V Diperkenalkan di Eropa", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/05/080200915/toyota-hilux-hybrid-48v-diperkenalkan-di-eropa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm