Chery Omoda 5 EV di GIIAS 2023(KOMPAS.com/DONNY)
Chery Omoda 5 EV di GIIAS 2023(KOMPAS.com/DONNY) ( KOMPAS.COM)

Chery Percaya EV Bakal Berkembang hingga ke Desa

5 Desember 2023 21:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Industri kendaraan listrik di Indonesia terus berkembang. Bahkan sudah ada produsen yang memproduksi mobil listriknya di Indonesia, seperti Wuling, Chery, dan Toyota (hybrid).

Tentu untuk berinvestasi membangun pabrik di Indonesia menjadi langkah yang sangat besar buat jangka panjang. Makanya, industri mobil listrik ini diyakini akan berkembang di Indonesia.

Harry Kamora, Vice President Chery Sales Indonesia percaya, mobil listrik akan tersebar ke seluruh Indonesia seiring waktu. Namun, tetap mobil listrik belum akan menggantikan mobil dengan mesin konvensional.

"Indonesia harus berkaca ke negara yang lebih dulu, Thailand dan China misalnya sudah 20 tahun. Mobil listrik di sana kontribusinya di total market cuma 30 persen, mobil konvensional masih hidup, PHEV yang besar," kata Harry di Bekasi, Sabtu (2/12/2023).

Memang, kalau dilihat di negara yang lebih dahulu menjual mobil listrik, yang pakai mesin konvensional masih lebih banyak. Hanya untuk di Indonesia, Harry optimis elektrifikasi akan merambah ke mana-mana.

"Sementara ini di kota-kota besar, itu akan terus membesar (saya) yakin. Seiring waktu teknologi bertumbuh, charging station di mana-mana, suatu waktu akan sampai di desa," kata Harry.

Menurutnya, kalau mobil listrik sudah sampai ke desa, bisa saja akan menggantikan mobil konvensional. Cuma, segmen mobil dengan pembakaran dalam akan tetap ada, tidak semuanya tergantikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Chery Percaya EV Bakal Berkembang sampai ke Desa", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/05/122200115/chery-percaya-ev-bakal-berkembang-sampai-ke-desa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm