Defogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan (knowhow.napaonline.com)
Defogger kaca belakang efektif menghalau embun saat hujan (knowhow.napaonline.com) ( KOMPAS.COM)

Kenali Untuk Faktor yang Menyebabkan Defogger Rusak

5 Desember 2023 21:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Defogger atau garis-garis horizontal pada belakang kaca mobil memiliki fungsi mengatasi embun ketika cuaca hujan.

Komponen ini umumnya jarang mengalami kerusakan karena dirancang dengan sederhana. Meskipun demikian, kemungkinan terjadinya kerusakan masih ada.

Pemilik Iwan Motor Auto Clinic, Iwan mengatakan, rear defogger biasanya jarang rusak, apabila mengalami kerusakan umumnya karena pengguna mobilnya.

Selain itu, Iwan menjelaskan, terdapat beberapa faktor yang dilakukan pemilik mobil dan tanpa sadar malah bisa merusak fungsi defogger.

“Lupa mematikan defogger sehingga elemen pemanas rusak. Pemolesan kaca atau pembersihan jamur kaca jika tidak dilakukan dengan hati-hati bisa merusak element pemanas pada defooger,” ujar Iwan kepada Kompas.com Senin (4/12/2023).

Selain itu, Iwan mengatakan apabila sudah defogger sudah rusak maka tidak bisa hanya dibenarkan, tapi perlu ganti kacanya.

“Apabila terjadi kerusakan seperti elemen pemanas putus, maka kaca mobil belakang harus diganti,” ujar Iwan.

Untuk kisaran harga penggantian kaca belakang mobil sangat bervariasi, tergantung dari merek mobil dan jenis kaca yang dipilih.

“Kaca belakang partnya paling variatif, antara Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, untuk mobil low end Rp 8 juta hingga Rp 10 juta buat mobil premium Honda,” ucap Iwan.

Sementara, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ketika mengganti kaca film perlu diperhatikan dengan baik agar defogger tidak rusak.

“Kerusakan filamen bisa terjadi saat pelepasan kaca mobil, filamennya ini akan menempel pada kaca. Kalau kurang hati-hati bisa putus,” ujar Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Faktor yang Menyebabkan Defogger Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/05/141200815/kenali-faktor-yang-menyebabkan-defogger-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm