Ilustrasi
Ilustrasi ( )

Yuk Simak Penjelasan Hadits Anas bin Malik dan Imam Syafii Tentang Sholat Sambil gendong Anak

9 Desember 2023 09:03 WIB

SonoraBangka.id - Bagi orang tua yang memiliki anak yang masih kecil tentu tak mudah untuk mengasuhnya, terlebih saat hendak menunaikan ibadah sholat.

Hal itu tentu bukan perkara mudah.

Saat anak sedang rewel dan tidak bisa ditinggal sedangkan waktu sudah masuk sholat wajib.

Padahal sholat sendiri merupakan hal yang wajib dilaksanakan bagi umat Islam jika waktunya sudah tiba atau tepat waktu 

Saat dihadapkan pada situasi tersebut tak sedikit orang tua yang memilih untuk menggendong anak mereka saat waktu sholat tiba.

Lantas, apa hukum menunaikan salat sambil menggendong anak? Apakah dibolehkan dalam atur Islam?

Sebagai kewajiban bagi setiap Islam, pelaksanaan salat harus dilakukan dengan khusyuk dan mengikuti tuntunan agama.

Namun, dalam beberapa situasi tertentu, orang tua, utamanya ibu mungkin dihadapkan pada situasi yang sulit untuk meninggalkan anaknya saat ingin melaksanakan salat. 

Dalam hal ini, Islam memberikan kelonggaran atau izin bagi seorang ibu untuk menggendong anaknya selama melaksanakan salat.

Mengutip dari laman Kementerian Agama (Kemenag) soal salat sambil menggendong anak sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang bersumber dari riwayat Anas bin Malik:

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm