Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro)
Ilustrasi pengisian radiator coolant alias air radiator untuk mendinginkan mesin mobil(Freepik/Senivpetro) ( KOMPAS.COM)

Mengapa Untuk Cairan Radiator Mobil Warna-warni?

9 Desember 2023 18:09 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pemilik mobil, memperhatikan cairan radiator (water coolant) sangat penting dilakukan karena memiliki peran utama untuk menjaga kestabilan suhu mesin agar tidak overheat.

Saat membeli cairan radiator, seringkali ditawarkan dua pilihan yaitu coolant konvensional yang umumnya berwarna hijau, merah, dan biru.

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan mengatakan, terdapat dua jenis coolant yang dijual dipasaran.

“Saat ini type coolant terbagi dalam dua jenis, ada yang biasa umumnya warna hijau dan merah, dan tipe long life time umumnya warna biru,” ujar Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Iwan menjelaskan, pemberian warna pada coolant bertujuan untuk memudahkan pemilik mobil atau teknisi bengkel mendeteksi kebocoran atau masalah dalam sistem pendingin.

“Tujuan pemberian warna supaya kalau ada kebocoran mudah terdeteksi, dan macam-macam warna hanya pembeda saja, dan sebaiknya tidak dicampur karena warnanya bisa menjadi keruh,” ujar Iwan.

Selain itu, seiring penggunaan air radiator dapat terkontaminasi dengan kotoran, endapan mineral juga partikel lain yang bisa merusak sistem pendingin. Sehingga coolant perlu diganti untuk memastikan pendingin bekerja dengan optimal.

“Untuk coolant tipe biasa yang warna merah atau hijau diganti setiap 20.000 kilometer dan untuk tipe long life time 80.000 - 10.000 kilometer,” ucap Iwan.

Mengenai harga coolant, dari pantauan Kompas.com di berbagai e-commerce, Sabtu (9/12/2023) berada di kisaran Rp 30.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung merek dan jenisnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mengapa Cairan Radiator Mobil Warna-warni?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/09/094200215/mengapa-cairan-radiator-mobil-warna-warni-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm