Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.(Kompas.com/Donny)
Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Sejarah Untuk Asal Mula Nama Mercedes-Benz

11 Desember 2023 19:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Siapa yang tidak tahu Mercedes-Benz, merek mobil asal Jerman yang sering jadi tolok ukur kemapanan di Indonesia. Nama Mercedes-Benz lekat dengan citra mobil elegan.

Mercedes-Benz merupakan merek yang diproduksi oleh Daimler AG. Selama puluhan tahun merek ini sukses menjadi perusahaan otomotif di bidang pengembangan inovasi mobil, truk dan juga bus.

Sejarah Mercedes-Benz dapat ditelusuri dari dua perusahaan yang berbeda, yaitu Daimler Motoren Gesellschaft yang didirikan Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach pada 1882 di Cannstatt, Stuttgart. Serta Benz & Company Rheinische Gasmotoren-Fabriek (Benz & Cie) yang didirikan Karl Friedrich Benz pada 1883 di Mannheim, Jerman.

Kedua perusahaan ini merger usai kesulitan ekonomi yang dialami Jerman usai Perang Dunia 1 (1914-1918).

Daimler Motoren Gesellschaft dan Benz & Cie kemudian bergabung pada 1926 menjadi Daimler Benz AG, dan mobil-mobil produksinya menggunakan merek Mercedes-Benz.

Asal Mula Nama Mecerdes

Sejarah mencatat nama Mercedes lahir sebelum nama Mercedes-Benz dipakai. Nama Mercedes merupakan nama putri pengusaha asal Austria, Emil Jelinek, yang bermukim di Nice, Perancis.

Jelinek yang merupakan pengusaha kaya suka ikut balap mobil di zamannya. Saat itu dia mencari mobil yang bisa dipacu kencang karena ingin ikut balap mobil yang diadakan dari Paris ke Rouen berjarak 128 kilometer.

Dilansir dari buku, Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran di Negeri Ini karya James Luhulima, balap mobil dari Paris ke Rouen sendiri pertama kali diselenggarakan oleh surat kabar Le Petit Journal pada 1894.

Untuk mengikuti lomba tersebut Jelinek pergi ke Cannstatt, Jerman untuk membeli mobil keluaran Daimler. Dia tertarik dengan mobil tersebut setelah melihat iklan yang dibuat Daimler pada 1896.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm