Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.(Kompas.com/Donny)
Mobil pertama di dunia yang jadi cikal bakal Mercedes-Benz hadir di Concours d'Elegance.(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Mengenal Untuk Mobil Pertama di Dunia

12 Desember 2023 19:15 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil merupakan salah satu moda transportasi paling populer saat ini. Di awal perkembangannya mobil didesain guna menggantikan kereta kuda untuk mengangkut penumpang.

Secara definisi kata automobile atau car atau mobil, diartikan sebagai kendaraan beroda yang menyandang mesin sendiri dan berfungsi memindahkan penumpang dari satu tempat ke tempat lain.

Kata automobile berasal dari bahasa Perancis yang merupakan gabungan dari dua kata asing, yaitu auto dari bahasa Yunani kuno yang berarti sendiri, dan mobilis yaitu bahasa latin yang berarti bergerak.

Lantas siapa penemu mobil pertama kali?

Menilik dari sejarahnya, penemu mobil pertama adalah Nicolas-Joseph Cugnot, seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis, yang membuat mobil roda tiga bertenaga uap pertama kali pada 1769.

Dilansir dari buku Sejarah Mobil & Kisah Kehadiran Mobil di Negeri Ini karya James Luhulima, walau Cugnot sering dianggap sebagai pencipta mobil klaim tersebut kerap digugat oleh beberapa ahli.

Alasannya ialah kendaraan beroda tiga yang dibuat oleh Cugnot tersebut bukan mobil, karena kendaraan itu cuma bergerak lurus beberapa meter saja dan langsung terhenti karena menghantam tembok.

Adapun mobil bermesin pembakaran dalam atau internal combustion engine (ICE) yang kemudian dianggap sebagai mobil pertama di dunia ialah mobil Benz Patent Motorwagen ciptaan Karl Friedrich Benz.

Pada 29 Januari 1886, Imperial Patent Office yang berkedudukan di Berlin, Jerman, memberikan paten No. 37435 kepada Karl Benz untuk mobil beroda tiga buatannya.

Benz Patent Motorwagen menggunakan mesin berpenggerak 4-tak, 1-silinder berkapasitas 984 cc, berbahan bakar bensin (benzene) yang pada saat itu bernama ligroin.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm