Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 (Kompas.com/Fathan)
Taksi listrik Blue Bird, BYD e6 (Kompas.com/Fathan) ( KOMPAS.COM)

Bluebird Menambah 500 Taksi Listrik Baru Tahun Depan

12 Desember 2023 20:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Blue Bird Tbk berencana menambah 500 unit mobil listrik tahun depan. Penambahan kendaraan tersebut mengikuti hasil percobaan yang baik terhadap taksi listrik BYD yang dipakai sejak 2019.

Adrianto Djokosoetono, Direktur Utama PT Blue Bird Tbk mengatakan, animo masyarakat terhadap taksi listrik bagus, meski sempat banyak keraguan mengenai daya tahan sampai keamanannya.

"Saya pikir di masa awal banyak sekali pertanyaan mengenai realibilitas dan keamanan dari EV. Alhamdulillah kita operasikan masuk tahun kelima, hampir tidak ada masalah safety, jadi kami cukup percaya diri, ini kendaraan yang kita kembangkan ke depan," kata pria yang akrab disapa Andre di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Tahun depan rencananya akan ada penambahan 500 unit mobil listrik baru yang digunakan sebagai taksi. Jumlah tersebut belum termasuk unit lama yang akan diremajakan karena sudah beroperasi lima tahun.

"Perkiraan tahun depan sampai dengan 500 unit. Peremajaan baru sekitar 25 unit, armada yangkita operasikan 2019 kita rencana akan remajakan karena sudah lima tahun," kata Andre.

Soal jumlah, 500 unit memang terdengar sedikit, hanya itu akan terus bertambah seiring waktu. Unit baru tersebut nantinya akan mengisi untuk daerah Jakarta dan Bali terlebih dahulu, yang lain menyusul.

"Saat ini kita operasikan di Jakarta dan Bali, kita akan konsisten di dua kota itu, dan kita akan menambah di kota lain yang belum saya bisa sebutkan sekarang," ucap Andre.

Soal mobil listrik merek apa yang akan dipakai, Andre tidak bisa bocorkan. Cuma, dia menyebutkan kaau akan diumumkan sebentar lagi, jadi tinggal tunggu saja seperti apa modelnya.

Dugaan kuat, Bluebird kembali memakai mobil listrik BYD E6, generasi terbaru. Mobil listrik tersebut disiapkan memang untuk kendaraan fleet, jadi tidak dijual umum oleh BYD.

Sebelumnya direksi BYD pernah berkunjung ke Kompas.com menaiki BYD E6 terbaru itu. Soal spesifikasi, dikutip dari laman BYD Singapura, E6 pakai baterai dengan Blade technology, diklaim lebih aman.

Klaim BYD, E6 terbaru bisa menjelajah sampai 522 Km sekali cas. Pengisian baterai cukup 1 jam 30 menit saja dengan fastcharger 60 kW, casan bawaanya atau yang AC, kapasitasnya juga besar, 40 kW.

Jadi mari kita tunggu saja apakah pakai BYD E6 terbaru atau malah bekerja sama dengan pabrikan mobil listrik lainnya untuk taksi Bluebird di masa depan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bluebird Tambah 500 Taksi Listrik Baru Tahun Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/12/090200815/bluebird-tambah-500-taksi-listrik-baru-tahun-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm