Wuling Binguo EV(Dok. Wuling)
Wuling Binguo EV(Dok. Wuling) ( KOMPAS.COM)

Wuling Gandeng PLN Untuk Bangun SPKLU Khusus Binguo EV

17 Desember 2023 20:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Wuling Motors menambah jajaran mobil listriknya dengan menghadirkan Binguo EV. Untuk memperkuat ekosistemnya, Wuling juga menggandeng PLN.

Binguo EV memiliki kemampuan untuk fast charging. Namun, soket yang digunakan berbeda dengan mobil listrik pada umumnya.

Mobil listrik ini menggunakan format IEC BB untuk pengecasan dengan arus DC alias fast charging. Sedangkan mobil listrik pada umumnya, memakai tipe CCS.

Untuk itu, Wuling berencana 2024 melalui kerja sama dengan EVPower.

Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors, mengatakan, hingga akhir 2024, Wuling berencana untuk menghadirkan fasilitas pengisian daya cepat dengan format IEC BB, sebanyak 100 titik di berbagai wilayah Indonesia melalui kerja sama dengan EVPower.

"Jadi, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun stasiun pengisian cepat? Sebenarnya, ini ada hubungannya juga dengan pertumbuhan ekosistem secara keseluruhan," kata Danang, kepada wartawan, saat pengumuman harga Binguo EV, di Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Danang menambahkan, Wuling tidak bisa berjalan sendiri dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengembangkan stasiun pengisian daya.

"Secara teknis, kami sudah mempunyai kesiapan untuk membawa charger dengan tipe IEC BB ke Indonesia. Salah satu langkah pertamanya adalah memasukkan atau mengakui IEC BB menjadi standar SNI," ujarnya.

Danang mengatakan, langkah tersebut sudah dilakukan dan sudah mencapai tahap final. Jadi, nantinya ketika sudah difinalkan, tipe charger ini sudah bisa digunakan di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wuling Gandeng PLN Bangun SPKLU Khusus Binguo EV", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/17/104100115/wuling-gandeng-pln-bangun-spklu-khusus-binguo-ev.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm