Ilustrasi minyak rem sepeda motor(Dok. DAM)
Ilustrasi minyak rem sepeda motor(Dok. DAM) ( KOMPAS.COM)

Apakah Boleh Ganti Cairan Rem Motor Pakai Minyak Goreng?

17 Desember 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Orang Indonesia bisa dikatakan paling jago soal akal-akalan teknis. Salah satunya ialah mengganti cairan rem atau minyak rem untuk sepeda motor menggunakan minyak goreng.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor, mengatakan, rupanya mengganti cairan rem menggunakan minyak goreng bisa saja dilakukan jika terpaksa.

"Kalau minyak rem diganti minyak goreng bisa saja," kata Aries kepada Kompas.com, Sabtu (15/12/2023).

Tapi kata Aries hal tersebut sangat tidak dianjurkan dipakai untuk sehari-hari. Sebab minyak rem dan minyak goreng punya titik didih yang berbeda.

"Tapi titik didihnya minyak minyak rem itu berbeda dengan minyak goreng," ujar Aries.

"Saat penggunaannya , ketika minyak goreng mencapai titik didihnya bisa menyebabkan macet pada sil kaliper dan sil master rem. Akhirnya rem bisa tiba-tiba mengunci. Jadi sangat tidak disarankan," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, video viral di dunia maya memperlihatkan seorang tukang bakso yang menggunakan minyak goreng sebagai pengganti minyak rem atau cairan rem sepeda motor miliknya.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @mrbowooo, aksi tersebut dilakukan diduga karena selang rem motornya bocor atau habis. Tapi bukannya memperbaiki justru mengganti minyak rem pakai minyak goreng secara berkala.

Dalam video terlihat ketika minyak goreng dituang ke master rem sang tukang bakso kemudian "memompa" rem. Sayang videonya hanya sedikit dan tidak terlihat apakah rem depan tersebut benar berfungsi atau tidak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bolehkah Ganti Cairan Rem Motor Pakai Minyak Goreng?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/17/110100815/bolehkah-ganti-cairan-rem-motor-pakai-minyak-goreng-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm