Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.(DOK. SUZUKI INDOMOBIL SALES)
Ilustrasi servis mobil di bengkel Suzuki.(DOK. SUZUKI INDOMOBIL SALES) ( KOMPAS.COM)

Wajib Untuk Cek Komponen Mobil Sebelum Pergi Berlibur

18 Desember 2023 17:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pergi berlibur bersama keluarga atau sahabat ke tempat wisata.

Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi menjadi cara yang banyak dipilih agar perjalanan tetap nyaman.

Sebelum melakukan perjalanan, tentu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar liburan bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti.

Suwandi, Service Advisor PT. Sejahtera Buana Trada, mengatakan, ada sejumlah aspek yang harus dipersiapkan oleh pemilik kendaraan sebelum memulai perjalanan. Salah satu yang paling penting adalah memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima.

“Pemilik bisa melakukan pengecekan kendaraan secara mandiri, seperti cek angin dan kondisi ban. Kemudian cek minyak rem dan air radiator, pastikan (volume minyak rem dan air radiator) berada di levelnya (normal), keruh atau tidak,” ucap Suwandi, kepada Kompas.com, Minggu (17/12/2023).

Suwandi melanjutkan, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pengecekan pada komponen lain, seperti oli mesin, lampu, hingga air wiper mengingat saat ini sedang musim hujan.

“Komponen yang saya sebutkan tadi masih bisa dilakukan pengecekan secara mandiri, selain itu harus dilakukan di bengkel. Seperti cek busi, motor fan, kebocoran oli, kanvas rem, cek kopling (untuk manual) dan oli matik (untuk transmisi matik), sistem AC hingga kaki-kaki,” kata Suwandi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim, mengatakan, persiapan untuk liburan paling utama adalah memastikan mobil dalam kondisi prima.

“Dengan kondisi mobil prima, maka diharapkan perjalanan menggunakan mobil lebih nyaman dan aman,” kata Ibrohim.

Ketika mobil tidak prima, misalnya ada gejala mesin pincang, ngelitik, tarikan berat dan sejenisnya, disarankan pemilik kendaraan untuk segera melakukan servis. Karena kondisi tersebut menandakan mobil tidak layak digunakan untuk perjalanan jauh.

“Minimal lakukan tune-up, ganti oli, dan pengecekan seluruh elemen penting pada mobil, dengan demikian pemilik mobil akan mengetahui kondisi kaki-kaki mesin dan transmisi, jangan sampai nanti malah timbul kendala di tengah perjalanan,” kata Ibrohim.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wajib Cek Komponen Mobil Sebelum Pergi Berlibur", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/18/110200815/wajib-cek-komponen-mobil-sebelum-pergi-berlibur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm