Ilustrasi chip GPU Mobile Intel
Ilustrasi chip GPU Mobile Intel ( Intel)

Intel Siapkan Teknologi Pesaing Nvidia DLSS3 dan AMD FSR3

19 Desember 2023 09:16 WIB

SonoraBangka.ID - Nvidia dan AMD memiliki teknologi frame generation di DLSS3 dan FSR3 untuk meningkatkan angka frame rate dalam game dengan cara menyelipkan frame tambahan di antara frame asli hasil rendering GPU.

Intel selaku pemain ketiga di industri GPU pun rupanya tak mau ketinggalan. Pabrikan ini belakangan menjelaskan cara kerja calon teknologi frame generation buatannya sendiri, yakni ExtraSS, yang bakal menjadi ekstensi dari fitur upscaling XeSS.

Seperti juga frame generation di DLSS3 dan FSR3, ExtraSS yang dijabarkan oleh Intel di SIGGRAPH Asia 2023, Sydney, Australia, pekan lalu, menggunakan data dari frame asli hasil rendering GPU untuk membuat frame artifisial.

Bedanya terletak pada data frame yang digunakan. DLSS dan FSR memakai metode interpolasi di mana data dari dua frame -sebelum dan sesudah- dipakai untuk membuat frame artifisial yang diselipkan di antara keduanya.

Untuk ExtraSS, sebagaimana dihimpun dari WCCFTech, Senin (18/12/2023), metodenya adalah ekstrapolasi yang hanya menggunakan data dari frame asli sebelum frame artifisial saja.

Menurut Intel, metode ekstrapolasi menawarkan kelebihan berupa latency yang lebih singkat. Frame generation di DLSS3 dan FSR3 memang menaikkan latency sehingga berpotensi membuat game jadi kurang responsif terhadap input.

Sebabnya, kemunculan frame baru hasil rendering GPU mesti ditunda sampai frame artifisial hasil frame generation selesai dibuat, sehingga rangkaian frame bisa disajikan secara berurutan.

Nvidia dan AMD pun menerapkan teknologi pengurang latency masing-masing, yakni Nvidia Reflex dan AMD Anti-Lag, untuk mengatasi kendala ini.

Meskipun menjanjikan latency minimal, metode ekstrapolasi di ExtraSS memiliki masalah lain, yakni kekurangan data untuk membuat frame artifisial sehingga bisa memunculkan artefak atau glitch, alias anomali grafis.

Sebagai solusinya, Intel memadukan spatial super sampling (upscaling frame dari resolusi lebih rendah) dengan temporal super sampling (frame generation, dalam hal ini ExtraSS dengan metode ekstrapolasi).

Hasilnya diklaim bisa menyaingi kualitas gambar dari upscaling berbasis Temporal Anti-Aliasing (TAAU), ketika diuji dengan Unreal Engine 4.26. Penjelasan selengkapnya dari teknologi ExtraSS dapat dilihat dalam paper Intel di link berikut.

Masih belum jelas kapan Intel akan merilis ExtraSS. Kabar baiknya, teknologi ini kemungkinan bakal bersifat open-source seperti halnya FSR dan bisa dijalankan oleh produk-produk GPU lain yang bukan buatan Intel.

Dalam paper risetnya sendiri, Intel menjalankan pengujian ExtraSS dengan sistem yang memakai dua produk dari kompetitornya, yakni CPU AMD Ryzen 5950X dan GPU Nvidia GeForce RTX 3090.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Intel Siapkan Teknologi Pesaing Nvidia DLSS3 dan AMD FSR3", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/12/18/18310067/intel-siapkan-teknologi-pesaing-nvidia-dlss3-dan-amd-fsr3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm