Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Jodi Mahardi menyampaikan sambutan dalam acara The 1st International and Indonesia CCS Forum (IICCS Forum), Jakarta, Senin (11/9/2023).
Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Jodi Mahardi menyampaikan sambutan dalam acara The 1st International and Indonesia CCS Forum (IICCS Forum), Jakarta, Senin (11/9/2023). ( Kemenko Marves)

Forum Negara Kepulauan Serukan Isu Perubahan Iklim

19 Desember 2023 09:18 WIB

SonoraBangka.ID - Forum Negara-Negara Kepulauan dan Negara Pulau atau Archipelagic and Island States (AIS) Forum, menyuarakan pentingnya isu perubahan iklim bagi negara kepulauan dalam gelaran The 2023 United Nations Climate Change Conference atau COP28.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, perubahan iklim menjadi tantangan bersama yang dihadapi oleh negara pulau dan kepulauan, sehingga membuat Indonesia menginisiasi pembentukan AIS Forum.

"Tantangan bersama perlu dihadapi secara kolektif. Karena itulah Indonesia mengajak negara-negara pulau dan kepulauan untuk secara bersama mengambil langkah konkret dalam penyelesaiannya," tutur dia dalam keterangannya, Senin (18/12/2023).

Lebih lanjut Jodi bilang, salah satu upaya konkret untuk membina kolaborasi di negara-negara kepulauan dan kepulauan telah dilakukan AIS Forum melalui adopsi AIS Leader’s Declaration pada Konferensi Tingkat Tinggi AIS Forum, Oktober lalu.

"Negara pulau dan kepulauan menyerukan pentingnya kesadaran, kolaborasi, dan intervensi global melalui AIS Forum sebagai penegasan hak yang melekat pada negara-negara kepulauan untuk hidup, sejahtera, dan mempertahankan identitas unik mereka," katanya.

Tantangan perubahan iklim yang dihadapi negara-negara pulau dan kepulauan menjadi isu krusial yang dibahas dalam dialog tingkat tinggi ini.

Salah satu poin yang paling menonjol terkait urgensi pembahasan perubahan iklim adalah kenaikan permukaan air laut yang makin masif karena meningkatnya pencairan lapisan es, gletser, dan ekspansi termal laut.

Dengan melihat fenomena tersebut, Duta Besar Republik Fiji untuk Indonesia Amena Yauvoli menyebutkan, negara-negara AIS akan menjadi yang pertama kali terdampak, sebab kenaikan muka air laut adalah ancaman nyata bagi wilayah pasifik.

"Tantangan ini telah kami alami di Fiji dan juga negara-negara pasifik lainnya. Telah ada masyarakat pesisir yang kami (Fiji) relokasi karena wilayah mereka terdampak kenaikan muka air laut," katanya.

Senada, Menteri Bidang Agrikultur, Perubahaan Iklim dan Lingkungan Hidup Republik Seychelles mengungkapkan, masyarakat daerah pesisir kini makin wawas terhadap ancaman perubahan iklim, dan mulai turut bekerja keras untuk mengambil langkah mitigasi demi perlindungan ekosistem lautan.

"Salah satu contoh adalah makin meningkatnya kepedulian mereka terhadap pentingnya merawat keberlangsungan eksosistem lautan, seperti pentingnya merawat keberadaan rumput laut bagi ekosistem pesisir," ujarnya.

Sebagai bagian dari resolusi akhir dari pelaksanaan COP 28 di Dubai tahun ini, diskusi bertajuk “Rising Tides, Sinking Island: AIS Forum’s Call to Action on Climate Loss and Damage” itu memberikan penegasan dalam mengambil langkah-langkah strategis untuk menghadapi isu kenaikan muka air laut di negara-negara pulau dan kepulauan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Forum Negara Kepulauan Serukan Isu Perubahan Iklim", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/12/18/191700626/forum-negara-kepulauan-serukan-isu-perubahan-iklim.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm