Ilustrasi chip laptop Qualcomm Snapdragon X Elite
Ilustrasi chip laptop Qualcomm Snapdragon X Elite ( Qualcomm)

Snapdragon X Elite Klaim Lebih Kencang dari Apple M3

20 Desember 2023 10:27 WIB

SonoraBangka.ID - Qualcomm pada akhir Oktober lalu memperkenalkan Snapdragon X Elite yang merupakan chip ARM untuk laptop Windows.

Chip ini diklaim lebih kencang dari Apple M2, tapi tak lama kemudian Apple meluncurkan chip generasi berikutnya, M3, sehingga seolah mementahkan klaim Qualcomm.

Belakangan, Qualcomm dikabarkan mengalihkan bidikan ke M3 dengan mengeklaim bahwa Snapdragon X Elite pun melewati chip bikinan Apple tersebut hal kinerja single-thread CPU. Kinerja multi-thread juga disebut lebih tinggi hingga 21 persen.

Hal tersebut diungkapkan kepada Digital Trends yang berkesempatan menjajal unit laptop dummy dengan chip Snapdragon X Elite.

Meskipun demikian, Senior Manager Public Relations Qualcomm Sashca Segan menekankan bahwa pengalaman yang akan didapat pengguna kedua chip bakal berbeda.

Sebab, platform masing-masingnya juga beda. Qualcomm Snapdragon X Elite bakal digunakan di perangkat-perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows, sementara M3 di komputer berbasis MacOS dari Apple.

"Namun, dalam hal hardware, yakni satu-satunya hal yang bisa kami kendalikan, kualitasnya sudah bagus," ujar Segan, sebagaimana dhimpun dari Digital Trends, Selasa (19/12/2023).

Selain sesama chip ARM (Apple M), pada saat peluncurannya, Qualcomm ikut membandingkan Snapdragon X Elite dengan sejumlah chip laptop berbasis arsitektur x86, yakni Intel Core i7-13800H dan AMD Ryzen 9 7940HX.

Qualcomm pun mengklaim bahwa Snapdragon X Elite lebih kencang dari dua chip bikinan Intel dan AMD tersebut, dalam hal kinerja CPU maupun GPU terintegrasi.

Di samping 12 Core CPU Oryon 4 nm dan GPU Adreno, Snapdragon X Elite turut dibekali NPU alias Neural Processing Unit Hexagon untuk menangani pengolahan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI).

Sayangnya, selagi chip M3 sudah bisa dibeli lewat produk laptop dan komputer Mac terbaru, Snapdragon X Elite baru akan hadir di pasaran pada pertengahan 2024.

Sejumlah vendor sedang bersiap untuk merilis produk-produk laptop yang ditenagai chip ARM dari Qualcomm ini, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Honor, Lenovo, Microsoft, dan Samsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sesumbar Qualcomm, Snapdragon X Elite Lebih Kencang dari Apple M3", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/12/19/15450047/sesumbar-qualcomm-snapdragon-x-elite-lebih-kencang-dari-apple-m3.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm